Penerapan Media Pembelajaran Modern Menggunakan Aplikasi Sway Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Ii Sdn 1 Semanggi
Keywords:
Media Pembelajaran Modern Menggunakan Aplikasi SWAY, Hasil BelajarAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan aplikasi SWAY siswa kelas 2 SDN 1 Semanggi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, Subyek penelitian adalah Siswa kelas 2 SDN 1 Semanggi yang berjumlah 10 anak, teknik pengumpulan data menggunakan tes, teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan Media Pembelajaran Modern Menggunakan Aplikasi SWAY pada pembelajaran yang dilaksanakan di kelas 2 dilakukan melalui 2 siklus, serta menggunakan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada pra siklus, jumlah siswa yang tuntas hanya 3 siswa (30%) meningkat menjadi 7 siswa (70%) pada siklus I, pada siklus II meningkat menjdi 10 siswa (100%). Hasil belajar afektif pada siklus I dan siklus II, menunjukkan rata-rata Siswa yang aktif dari 50 % menjadi 70 % , Siswa yang menjawab pertanyaan dari 40 % menjadi 60%. Saran yang direkomendasikan adalah kepada para guru khususnya, agar kegiatan belajar mengar dapat berjalan secara efektif maka dapat menggunakan aplikasi SWAY untuk pembelajaran Daring.
References
Nurhasanah, Afifah Endah; Nafiah; Akhwani; Syamsul, G. (2020). Meta-Analysıs Of The Effect Of Scramble Type Cooperatıve Learnıng Model On Student S ’ Learnıng Outcomes At Elementary. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(5), 607–615. https://doi.org/: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v9i5.8007
Fauzia, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnıng Untuk Menıngkatkan Hasıl Belajar Matematıka SD. Hadist Awalia Fauzia. 7(April), 40–47.
Nuraini, F., & Kristin, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd. E-Jurnalmitrapendidikan, 1(4), 369–379. https://doi.org/10.1080/10889860091114220
Sari, L. S. P., & Rahadi, M. (2014). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 143–150. https://media.neliti.com/media/publications/226637-pembelajaran-berbasis-masalah-untuk-meni-34f4f621.pdf
Sadiman, Arief S, dkk.. 2007. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya
Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sri Anitah. 2008. Media Pembelajaran. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press).
Rosemarie Withee, Ken Withee, Jennifer Reed.2016. Office 365 For Dummies: Published by jhon willey &sons inc 111 river street Hoboken new jersey
Kevin Wilson. Essensial office 365 .2016 elluminet press
Hugan Smith. Mastering Microsoft sway In 1 day .2015 Mr smtih computer training all right reserved
Ellis, Rod. 1997. The Empirical Evaluation Of Language Teaching Materials. Dalam Elt Journal Vol.51/1, Hlm. 36-42.
Johnson, E.B. 2002. Contextual Teaching And Learning. California: Corwin Press, Inc.
Karim, Mariana. 1980. Pemilihan Bahan Pengajaran. Jakarta: Penlok P3g.
Maruff A, Oladejo ; Ojebisi, Amos O; Olosunde, Gbolagade R. 2011. Instructional Materials And Students’ Academic Achievement In Physics: Some Policy Implications. European Journal Of Humanities And Social Sciences Vol. 2, No.1 (2011)
KarlaV.Kingsle dan Randall Boone in JRTE, 41(2), 203–221
Grier, Alan S.Journal of Industrial Teacher Education, v42 n1 p59-66 Spr 2005