Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Kelas Iv Sd Negeri Suro Banyumas
Keywords:
Project based learning, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran project based learning pada kelas IV SDN Suro Banyumas. Metode penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Project Based Learning pada tema 5 subtema 2 pembeleajaran 3, dan tema 5 subtema 3 pembelajaran 3 mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N Suro yang ditunjukan dengan adanya peningkatan dari pra tindakan, siklus I ke siklus II. Ketuntasan hasil belajar pada pra tindakan 37,5% atau 9 siswa, siklus I sebesar 66,7% atau 16 siswa. Sedangkan siklus II ketuntasan hasil belajar 100% atau 24 siswa.. Dengan demikian indikator pencapaian mengalami peningkatan. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu sebagai berikut: Bagi Sekolah, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu masukan/input dalam rangka pembinaan guru agar guru lebih berkualitas di masa yang akan datang. Bagi Guru, diharapkan mampu memfasilitasi proses belajar siswa, baik pendampingan maupun mempersiapkan media dan sumber belajar yang lengkap bagi siswa. Bagi siswa, hendaknya dapat berperan aktif dengan menyampaikan ide atau pemikiran pada proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar sehingga memperoleh hasil belajar yang optimal. Dan tercapainya tujuan pembelajaran.
References
Arifin, Z. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Diskusi Dalam Proses Belajar Mengajar PPKN: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas II-A Pada SLTP Negeri 5 Biromaru Palu : Skripsi FKIP UNTAD, tidak diterbitkan.
Nurdina, (2001). Kemampuan Dan Keterampilan Guru Menggunakan Metode
Suharsimi, Arikunto 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta. Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Coring, F. B., & Nafiah, N. (2019). Pengaruh Penggunaan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kurikulum Cambridge Di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. Child Education Journal, 1(Juni), 8–19. https://doi.org/10.33086/cej.v1i1.863
Nafisah, Z., Nafiah, N., Hidayat, M. T., & Hartatik, S. (2020). Meta Analisis Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. 9(4), 504–519. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v9i4.7984.
Nurhasanah, A. E., Nafiah, Akhwani, & Syamsul, G. (2020). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(5), 607–615. https://doi.org/: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v9i5.8007.