Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas 5 Di Sdn Dingil I Kec. Jatirogo Kab.tuban
Keywords:
Hasil Belajar, Model, Pembelajaran Berbasis MasalahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 5 melaluimodel pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis lembar observasi aktivitas guru, analisis lembar observasi aktivitas peserta didik dan analisis lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran berbasis masalah kelas 5 di SDN Dingil I Kec. Jatirogo Kab. Tuban memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari semakin meningkatnya ketuntasan belajar peserta didik dari pra siklus, siklus 1, siklus 2 dan siklus3 dengan masing-masing prosentase ketuntasannya pada pra siklus 39,13%, siklus 1 adalah 56,65% , siklus 2 adalah 86,36% dan siklus 3 adalah 95,45%.
References
Nafiah, Nafiah, and Sri Hartatik. 2020. “Penerapan Manajemen Pembelajaran Berbasis Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Membuat Perangkat Pembelajaran.” 5(April): 9–23. https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/1486/1067.
Rafianti, Y. S. (2018). Profil Kemampuan Literasi Kuantitatif Calon Guru Matematika.Jurnal Penelitian dan Pembelajaran.Matematika, 64.
Rachmadtullah, R. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6
Suparman. (2014). Peningkatan Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Mahapeserta didik Mata Kuliah Elektronika Analog Dengan Pembelajaran PBL. Jurnal JPTK ( Vol 22, Nomor 1 Mei 2014).
Trianto. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto, M. P. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurhadi, 2004, Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: UM Press.