Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Metode Guided Discovery Learning Pada Siswa Kelas Vi Sd Negeri Kolomayan 01 Blitar

Authors

  • Dedi Churniawan
  • Nafiah Nafiah
  • Siti M. Amin

Keywords:

Kreativitas, Metode Pembelajaran Project Based Learning

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai kreativitas siswa khususnya siswa kurang berani dalam bereksplorasi mengembangkan dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa pada kelas 6 SDN Sugihwaras 06 Madiun yang dilakukan dengan 2 siklus menggunakan metode Project Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2020, bertempat di kelas 6 SDN Sugihwaras 06 Madiun. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi pada setiap siklus. Tenik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisi kualitatif deskriptiif terhadap data berupa dokumen hasil pekerjaan siswa, daftar nilai dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode Project Based Learning terjadi suasana yang menyenangkan yaitu siswa bebas berekspresi dalam membuat proyek sehingga kreativitas siswa meningkat, yaitu dari hasil siklus 1 ke siklus 2 terdapat peningkatan, pada siklus 1 jumlah siswa yang tuntas adalah 5 siswa atau 33,33%, sedangkan yang belum tuntas pada siklus 1 adalah 10 siswa atau 66,66%. Pada siklus 2 terjadi peningkatan yaitu yang tuntas 12 siswa atau 80% dan yang belum tuntas 3 siswa atau 20%. Disimpulkan bahwa metode Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian Teori dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Asri, E. Y., & Noer, S. H. (2015). Guided Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 891–896.

Dimyati. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Dzaki. 2009. Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning), (Online) http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2009/03/ model-pembelajaran-penemuan-terbimbing.html, diakses 31 Oktober 2020.

Karim, Muchtar dkk. 1992. Pendidikan Matematika 1. Jakarta: Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Markaban. 2008. Model Penemuan Terbimbing Pada Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: DEPDIKNAS, PPTKM.

N.K. Roestiyah. 2011. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Pitajeng. 2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Qorri’ah. 2011. Penggunaan Metode Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung, [online] repository.uinjkt.ac.id/.../100741-QORRI'AH-FITK.P, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Syarif. Metode Penemuan Terbimbing, (Online) http://syarifulfahmi.blogspot.com /2009/09/pendekatan-matematika-realistik.html, diakses 31 Oktober 2020.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD Negeri Kolomayan 01. Blitar: tidak dipublikasikan.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Churniawan, D., Nafiah, N., & M. Amin, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Metode Guided Discovery Learning Pada Siswa Kelas Vi Sd Negeri Kolomayan 01 Blitar. NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH (NCU) 2020, 1(1), 508–523. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/678