Implementasi Metode Hafalan Berbasis Nyanyian Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar

Authors

  • Ivang Galuh Purwitasari
  • Siti M. Amin
  • Nafiah Nafiah

Keywords:

Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Power Point Interaktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1 melalui media pembelajaran power point interaktif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis lembar observasi aktivitas guru, analisis lembar observasi aktivitas peserta didik dan analisis lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian peningkatan hasil belajar melalui media pembelajaran power point interaktif menunjukkan: (1) ketuntasan hasil belajar pada siklus I menunjukkan prosentase ketuntasan klasikal kelas 73% dengan kategori cukup baik. Dari hasil belajar pada siklus I ini ada 7 peserta didik yang hasil belajarnya di bawah KKM dan 5 peserta didik hasil belajarnya di atas KKM; (2) ketuntasan hasil belajar pada siklus II menunjukkan prosentase ketuntasan klasikal kelas 88% dengan kategori sangat baik. Dari hasil belajar pada siklus II ini ada 2 peserta didik yang hasil belajarnya di bawah KKM dan 10 peserta didik hasil belajarnya sudah memenuhi KKM. Saran yang direkomendasikan pada artikel ini adalah peneliti diharapkan dapat mengembangkan media pembelajaran power point interaktif pada materi lainnya guna meningkatkan hasil belajar peserta didik.

References

Coring, Fatma Babag, and Nafiah Nafiah. 2019. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kurikulum Cambridge Di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya.” Child Education Journal 1(Juni): 8–19. https://journal2.unusa.ac.id/index.php/CEJ/article/view/863/837.

Handhini. 2020.“Tantangan menjadi guru dieradisruptif”, https://jurnal.univpgri palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3864. Diakses pada tanggal 7 Oktober 2020.

Munawar, 2016. “Pengaruh media pembelajaran power point interaktif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran etika profesi kelas X ak 3 di smkn 3 bandung”, http://repository.unpas.ac.id/10709/. Diakses pada tanggal 21 Oktober 2020

Rahdiyanta. 2012.” Penelitian tindakan kelas (Pengertian, Prinsip, dan Karakteristik PTK)”,http://staffnew.uny.ac.id/upload/131569341/penelitian/penelitian-tindakan- kelas-pengertian-prinsip-karakteristik.pdf. Diakses pada tanggal 8 Oktober 2020.

Mahmud, dkk, 2008. Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Bandung: Tsabita

Susilowati, 2018. “Penelitian tindakan kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran”, http://www.jurnal.stie- aas.ac.id/index.php/jie/article/view/175. Diakses pada tanggal 8 Oktober 2020.

Nurhasanah, 2016. “Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa”, https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3264/0, Diakses pada tanggal 15 Oktober 2020.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Galuh Purwitasari, I., M. Amin, S., & Nafiah, N. (2020). Implementasi Metode Hafalan Berbasis Nyanyian Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 1(1), 611–622. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/687

Most read articles by the same author(s)