Penerapan Strategi 5m Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Kelas Iv Sdn Ngoro 1 Mojokerto
Keywords:
Strategi 5M, daring sinkron, Pembelajaran Jarak JauhAbstract
Sistem pembelajaran jarak jauh yang diterapkan sejak terjadinya pandemi COVID-19 masih memiliki sejumlah kendala. Tak sedikit para siswa yang akhirnya tidak bisa mengikuti kegiatan belajar karena tak memiliki gawai sebagai alat penunjang. Saat ini kita hanya perlu cepat beradaptasi dan terus memperbaiki sama-sama sistem PJJ. Adapun masalah yang bisa diperbaiki saat ini untuk sistem PJJ adalah dengan menggunakan penerapan strategi 5M Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan strategi 5M pada pembelajaran jarak jauh di kelas IV di Kelas IV SDN Ngoro Mojokerto. Metode penelitian yang dignakan adalah penelitian tindakan kelas, teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes tulis, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan strategi 5M yang menekankan kepada guru dan siswa untuk memanusiakan hubungan guru, orang tua dan siswa, menekankan praktik pembelajaran yang memandu siswa untuk memahami konsep, membangun keberlanjutan dalam pembelajaran, memandu siswa untuk menguasai keahlian melalui proses berjenjang dengan memilih tantangan yang bermakna, serta memberdayakan konteks dengan melibatkan semua sumber daya yang ada di sekitar siswa. Sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di SDN Ngoro 1 maka peneliti memberikan saran sebagai berikut. Strategi 5 M ini sangat sesuai diterapkan di masa pembelajaran jarak jauh ini karena menghasilkan kolaborasi maksimal dari guru, siswa, dan orang tua siswa.
References
Aqib, Zainal. dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Asrori, Muhammad. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : CV Wacana Prima
Budiningsih, Asri. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2012. Srategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ismail, Ilyas. 2018. Ilmu Pendidikan Praktis. Jakarta : Ganeca Exact
Sudjana, Nana. 2013. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana
Taniredja, Tukiran. dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka
Winarsunu,Tulus. 2019. Statistik; Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press.