Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Tpack Pada Siswa Kelas V Upt Sd Negeri Jambepawon 02 Blitar
Keywords:
Pendekatan TPACK, Peningkatan Hasil BelajarAbstract
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V UPT SD Negeri Jambepawon 02 Blitar. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa adalah pendekatan pembelajaran yang masih bersifat konvensional, sehingga membuat siswa pasif dalam pembelajaran yang berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar belajar melalui pendekatan TPACK pada Siswa Kelas V SD Negeri Jambepawon 02 Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan jumlah siswa 8 anak. Setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, teknik analisis data yang digunakan menggunakan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada siklus I dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 50% atau 4 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal dari 8 siswa, pada siklus 2 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 62,5% atau 5 siswa dari 8 siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal, dan pada siklus 3 terdapat persentase ketuntasan belajar sebesar 100% atau keseluruhan siswa memperoleh nilai di atas KKM. Adapun peningktan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 12,5%, siklus 1 ke siklus 2 sebesar 12,5%, dan siklus 2 ke siklus 3 sebesar 37,5%.
References
Ahmad Susanto. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Jakarta : Prenada Media Group
Cox, S., & Graham, C. R. (2009). “Diagramming TPACK in practice: using and elaborated model of the TPACK framework to analyze and depict teacher knowledge”. TechTrends, 53(5), 60–69. Dari http://ipt287f09s2.pbworks.com/f/ Using+an+Elaborated+Model+of+ TPACK+framework.pdf
Kunandar.(2013). Penialaian Autentik, Jakarta, 2013
Rahman, Bujang. 2015. Mempersiapkan guru professional (suatu pendekatan komprehensif). Bandar Lampung: FKIP Universitas Lampung.
Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Rosyid, Abdul. 2016. Technological Pedagogical Content Knowledge sebuah kerangka pengetahuan bagi guru Indonesia di era MEA.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Jakarta : Rineta Cipta
Sudjana, Nana, Penilain Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Sumaatmaja, Nursyid.(1997).Metodologi PengajaranGeografi.Jakarta: Bumi Aksara