Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya

Authors

  • Junaedah Junaedah
  • Muslimin Ibrahim

Keywords:

IPA, Model Problem Based Learning, Tata Surya, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil Belajar Siswa kelas 6 Materi Sistem Tata Surya SDN 1 Semanggi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan karena adanya perbedaan hasil belajar siswa, selain itu untuk mengatahui pengaruh penggunaan model Pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran IPA materi Tata Surya. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan melalui 2 siklus, serta menggunakan teknik tes dan Observasi. Subyek penelitian adalah Siswa kelas 6 SDN 1 Semanggi yang berjumlah 20 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif yang tuntas hanya 8 siswa (40%) meningkat menjadi 14 siswa (70%) pada siklus I, pada siklus II meningkat menjdi 20 siswa (100%). Hasil belajar afektif pada siklus I dan siklus II, menunjukkan rata-rata sikap kedisiplinan dari 80 menjadi 95 , tanggung jawab dari 79 menjadi 87, bekerjasama dari 79 menjadi 86. Hasil belajar Psikomotorik pada siklus I dan siklus II,menunjukkan rata-rata siswa keterampilan membawa alat dari 79 menjadi 85, mendemostrasikan alat dari 78 menjadi 84. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Siswa Pada Pembelajaran Sistem Tata Surya.

References

Coring, F. B., & Nafiah, N. (2019). Pengaruh Penggunaan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kurikulum Cambridge Di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. Child Education Journal, 1(Juni), 8–19. https://doi.org/10.33086/cej.v1i1.863

Fauzia, H. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD Hadist Awalia Fauzia. 7(April), 40–47.

Nafisah, Z., Nafiah, N., Hidayat, M. T., & Hartatik, S. (2020). Meta Analisis Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. 9(4), 504–519. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v9i4.7984.

Nevillia, Y., Nafiah, N., Hidayat, M. T., & Taufiq, M. (2020). META-ANALYSIS THE EFFECT OF COMIC MEDIA TOWARD STUDENT LEARNING RESULTS AT ELEMENTARY SCHOOLS. Jurnal Handayani, 11(1), 71–77.

Nuraini, F., & Kristin, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd. E-Jurnalmitrapendidikan, 1(4), 369–379. https://doi.org/10.1080/10889860091114220

Sari, L. S. P., & Rahadi, M. (2014). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 143–150.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Junaedah, J., & Ibrahim, M. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya. NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH (NCU) 2020, 1(1), 663–670. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/694