Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakanaplikasi Zoom Pada Siswa Kelas 4 Sd Negeri 1 Cepokomulyo Malang
Keywords:
Belajar, motivasi belajar dan hasil belajarAbstract
Pada era pandemi covid 19 merasa kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran hal ini berdampak pada menurunnya motivasi belajar siswa dan berimbas pada motivasi belajar siswa yang menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan aplikasi zoom pada siswa kelas 4 SD Negeri 1 Cepokomulyo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Cepokomulyo yang terletak di Kabupaten Malang tepatnya pada siswa kelas 4 yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, teknik analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Penggunaan media zoom pada setiap kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Media zoom dapat mempertemukan guru dan siswa dalam pembelajaran. Motivasi belajar siswa semakin naik yang terbukti pada hasil angket yang telah dibagi. Denganmeningkatkannya motivasi belajar siswa berdampak positif pada hasil belajar siswa pada siklus 2 yang banyak siswa yang memenuhi KKM pada pembelajaran.
References
Dahar, Ratna Willis.1998 Teori-Teori Belajar.Jakarta: Depdiknas
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81–86.
Martínez, J. F., Santibanez, L., & Mori, E. E. S. (2013). Educational opportunity and immigration in méxico: Exploring the individual and systemic relationships. Teachers College Record, 115(10), 11–21.
Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 73–82. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144