Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media Aplikasizoom Meeting Pada Siswa Kelas Iv Sdn Mojoroto 4 Kediri

Authors

  • Cecillia Permatasari
  • Nafiah Nafiah

Keywords:

hasil belajar, media aplikasi, Zoom Meeting

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana meningkatkan hasil belajar melalui media aplikasi Zoom Meeting pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 Kediri saat pandemi global yang disebabkan oleh adanya Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah konsep PTK Kurt Lewin terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 Kediri. Pengumpulan data diperoleh dengan cara memberikan tes evaluasi yang diberikan pada akhir materi dan dilakukan pada setiap akhir siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif yaitu menggambarkan hasil belajar. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa melalui media aplikasi Zoom Meeting mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 Kediri yang ditunjukan dengan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 64% atau 9 siswa sedangkan siklus II ketuntasan hasil belajar mencapai 92% atau 13 siswa. Sehingga pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebanyak 28%. Dengan demikian indikator pencapaian mengalami peningkatan.

References

Astra, I. M. (2012). Aplikasi Mobile Learning Fisika dengan Menggunakan Adobe Flash sebagai Media Pembelajaran Pendukung. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(2), 174. https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i2.79

Hadi, B. (2015). Pengembangan ICT dalam Pembelajaran Pengembangan ICT dalam Pembelajaran. Pengembangan ICT Dalam Pembelajaran, November, 36–44.

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1), 51–56.

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Penelitian, A. M. (2016). Bab I Metode Penelitian 1. 1–18.

Studi, P., Informasi, T., & Purworejo, U. M. (2020). Pembelajaran Online yang Efektif di Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus di SMP Negeri 4 Pakem Sleman. 3.

Sudarsono. (2005). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Pembelajaran Persegi Panjang. NASPA Journal, 42(4), 1.

Utami, Y. P., Alan, D., Cahyono, D., & Indonesia, U. T. (2020). STUDY AT HOME : ANALISIS KESULITAN BELAJAR. 1(1), 20–26.

Widayati, A. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1), 1–22. https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Permatasari, C., & Nafiah, N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media Aplikasizoom Meeting Pada Siswa Kelas Iv Sdn Mojoroto 4 Kediri. NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH (NCU) 2020, 1(1), 496–507. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/677