Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Sdn Losari Jombang
Keywords:
Media, Powerpoint Interactive, Hasil BelajarAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 di era revolusi industri 4.0. Dimana teknologi berpengaruh banyak dalam kehidupan siswa. Dari permasalahan tersebut, guru melaksanakan rencana tindak lanjut dengan memaksimalkan media teknologi berupa Powerpoint Interactive sebagai media pembelajaran yang bisa digunakan siswa di rumah ketika belajar menggunakan gadget/HP tanpa menggunakan kuota internet atau digunakan disekolah menggunakan komputer. Penelitan ini bertujuan mengetahui penggunaan media Powerpoint Interactive untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 SDN Losari Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek Penelitian adalah siswa kelas 2 SDN Losari Jombang yang berjumlah 22 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar. Pada siklus 1 siswa yang tuntas sebesar 45,45% dengan nilai rata-rata kelas 73,50. Pada siklus 2 siswa yang tuntas sebesar 81,82% dengan nilai rata-rata kelas 81,82%. Kesimpulan dari Penelitian ini adalah media pembelajaran Powerpoint Interactive dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 SDN Losari Jombang
References
Dalam, P., Tematik, P., Iga, M., Maria, H., Tamansiswa, S., & Yogyakarta, D. I. (2020). dikatakan maksimal atau berhasil , karena oleh pendidik maupun Kenyataannya pendidikan di Indonesia masih harus dikembangkan supaya lebih maju dan berkualitas untuk seluruh warga bagi kemajuan pendidikan di Indonesia . Siswa dapat memperoleh pembelajaran .
Khasinah, S. (2013). Classroom Action Research. Jurnal Pionir, Volume 1, Nomor 1,.
Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Reflianto, & Syamsuar. (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi imdustri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–13