Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Gunungsari 1 Surabaya Menggunakan Media Kartu Gambar

Authors

  • Dwi Saputro Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Muslimin Ibrahim Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Silvia Mawaddah SDN Gunungsari 1 Surabaya
  • Sunaryo SDN Gunungsari 1 Surabaya

Keywords:

Hasil Belajar, IPS, media kartu gambar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN Gunungsari 1 Surabaya menggunakan Media kartu Gambar serta mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IV semester Genap tahun pelajaran 2022/2023 di SDN Gunungsari 1 Surabaya yang berjumlah 33 siswa, dengan objek penelitian yaitu hasil belajar IPS dari subjek yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain tes, angket, dan observasi dengan teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini membuktikan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gunungsari 1 Surabaya telah mengalami peningkatan setelah pelaksanaan siklus I dan II, dengan menggunakan media kartu gambar. Hal tersebut terbukti dengan persentase jumlah siswa yang telah tuntas mencapai 78,57% pada siklus I dan 96,43% pada siklus II. Siswa kelas IV SDN Gunungsari 1 Surabaya merespon dengan baik bahkan sangat baik pembelajaran IPS menggunakan media kartu gambar.

References

Aliputri, D. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol.2 No. 1A, 1-8.

Istifarini, R. (2012). Pembelajaran Materi Virus Menggunakan Media Kartu Bergambar Di SMA Negeri 2 Wonosobo. Jurnal. Semarang: FMIPA, Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran Teori Dan Praktek. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Saputro, D., Ibrahim, M., Mawaddah, S., & Sunaryo. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Gunungsari 1 Surabaya Menggunakan Media Kartu Gambar. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 313–318. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1127

Most read articles by the same author(s)