Penerapan Model Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Kalimat Tanya Kelas II SDN Kaliasin VII-286

Authors

  • Citra Kusvianawati Syari'at Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Muslimin Ibrahim
  • Sunarsih

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Word Square,, Kalimat Tanya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui siswa yang berada di kelas kedua sekolah dasar
mengalami peningkatan. Penelitian ini menggunakan 22 subjek penelitian yang berasal dari peserta didik
kelas II SDN Kaliasin VII-286 yang memiliki kemampuan yang beragam. Data penelitian berasal dari tes,
dokumentasi serta wawancara dengan guru pamong. Hasil studi menunjukkan bahwa penggunaan model
pembelajaran Word Square untuk materi kalimat tanya di kelas II meningkatkan hasil belajar. Sehubungan
dengan pembelajaran konvensional, hasilnya lebih baik. Hasil pra siklus menunjukkan bahwa 4 peserta
didik tuntas memiliki presentase ketuntasan 18%, 9 peserta didik tuntas memiliki presentase ketuntasan
41%, dan 22 peserta didik tuntas memiliki presentase ketuntasan 100%. Penelitian ini dapat berkontribusi
dalam pemecahan masalah hasil belajar siswa terutama pada materi kalimat tanya yang memerlukan
keterampilan bahasa memadukan kata tanya dalam kalimat.

References

Ambarita, B. (2011). Upaya Peningkatan Sikap Profesional Guru Melalui Peningkatan Kebiasaan Membaca. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2, 314–325. https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.4239

Aqib, Z. (2011). Penelitian Tindakan Kelas (3 (ed.)). CV. Yrama Widya.

Arikunto, S., Suhardjono, & Suryani. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Revisi). Bumi Aksara.

Hanafiah, N., & Suhana, C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran (3 ed.). Refika Aditama.

Joyce, B., & Weil, M. (2003). Models of Teaching (Second Edition) (5 ed.). Prentice-Hall,Inc.

Lufri, Ardi, Yogica, R., Muttaqin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran (Pertama). CV Irddh.

Malawi, I., & Kadarwati, A. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi) (2 ed.). CV. Ae Media Grafika.

Pandean, M. L. M. (2018). Kalimat Tanya Dalam Bahasa Indonesia. Kajian Linguistik, 5(3), 75–88. https://doi.org/10.35796/kaling.5.3.2018.25030

Prasetyo, H. A. (2014). Studi Perbandingan Antara Strategi Pembelajaran Scramble dan Word Square Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas III Sd N Ngadirejo 01 Tahun Ajaran 2013/ 2014. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar (3 ed.). Pustaka Pelajar.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., Russell, J. D., Rahman, A., & B.S, T. (2011). Instructional Technology and Media for Learning= Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar (9 ed.). Kencana.

Sugihartono, Nurhayati, S. R., & Harahap, F. (2007). Psikologi Pendidikan (1 ed.). UNY Press.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bumi Aksara.

Devia Jonelisa, d. (2013). Model Pembelajaran Inovatif Tipe Word Square Pada Pembelajaran Matematika SD. Jurnal Pendagogi FKIP Unila Jurusan PGSD , 6.

Lestari, T. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil belajar IPS Kelas III SD. Skripsi pada Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 1-120.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Syari’at, C. K., Ibrahim , M. ., & Sunarsih. (2023). Penerapan Model Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Kalimat Tanya Kelas II SDN Kaliasin VII-286. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 159–162. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1167

Most read articles by the same author(s)