Penerapan Model Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Kalimat Tanya Kelas II SDN Kaliasin VII-286
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran Word Square,, Kalimat TanyaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui siswa yang berada di kelas kedua sekolah dasar
mengalami peningkatan. Penelitian ini menggunakan 22 subjek penelitian yang berasal dari peserta didik
kelas II SDN Kaliasin VII-286 yang memiliki kemampuan yang beragam. Data penelitian berasal dari tes,
dokumentasi serta wawancara dengan guru pamong. Hasil studi menunjukkan bahwa penggunaan model
pembelajaran Word Square untuk materi kalimat tanya di kelas II meningkatkan hasil belajar. Sehubungan
dengan pembelajaran konvensional, hasilnya lebih baik. Hasil pra siklus menunjukkan bahwa 4 peserta
didik tuntas memiliki presentase ketuntasan 18%, 9 peserta didik tuntas memiliki presentase ketuntasan
41%, dan 22 peserta didik tuntas memiliki presentase ketuntasan 100%. Penelitian ini dapat berkontribusi
dalam pemecahan masalah hasil belajar siswa terutama pada materi kalimat tanya yang memerlukan
keterampilan bahasa memadukan kata tanya dalam kalimat.
References
Ambarita, B. (2011). Upaya Peningkatan Sikap Profesional Guru Melalui Peningkatan Kebiasaan Membaca. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2, 314–325. https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.4239
Aqib, Z. (2011). Penelitian Tindakan Kelas (3 (ed.)). CV. Yrama Widya.
Arikunto, S., Suhardjono, & Suryani. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Revisi). Bumi Aksara.
Hanafiah, N., & Suhana, C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran (3 ed.). Refika Aditama.
Joyce, B., & Weil, M. (2003). Models of Teaching (Second Edition) (5 ed.). Prentice-Hall,Inc.
Lufri, Ardi, Yogica, R., Muttaqin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran (Pertama). CV Irddh.
Malawi, I., & Kadarwati, A. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi) (2 ed.). CV. Ae Media Grafika.
Pandean, M. L. M. (2018). Kalimat Tanya Dalam Bahasa Indonesia. Kajian Linguistik, 5(3), 75–88. https://doi.org/10.35796/kaling.5.3.2018.25030
Prasetyo, H. A. (2014). Studi Perbandingan Antara Strategi Pembelajaran Scramble dan Word Square Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas III Sd N Ngadirejo 01 Tahun Ajaran 2013/ 2014. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar (3 ed.). Pustaka Pelajar.
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., Russell, J. D., Rahman, A., & B.S, T. (2011). Instructional Technology and Media for Learning= Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar (9 ed.). Kencana.
Sugihartono, Nurhayati, S. R., & Harahap, F. (2007). Psikologi Pendidikan (1 ed.). UNY Press.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bumi Aksara.
Devia Jonelisa, d. (2013). Model Pembelajaran Inovatif Tipe Word Square Pada Pembelajaran Matematika SD. Jurnal Pendagogi FKIP Unila Jurusan PGSD , 6.
Lestari, T. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil belajar IPS Kelas III SD. Skripsi pada Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 1-120.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Citra Kusvianawati Syari'at, Muslimin Ibrahim, Sunarsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.