Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Jenis dan Besar Sudut menggunakan Jam Sudut Pada Kelas III SDN Simokerto V/138 Surabaya
Keywords:
Hasil Belajar, Jenis dan Besar Sudut, Media Pembelajaran Jam SudutAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti upaya peningkatan hasil belajar matematika pada materi
jenis dan besar sudut dengan menerapkan media pembelajaran "Jam Sudut" di kelas III SDN Simokerto
V/138 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang diIaksanakan
dalam dua sikIus, yang masing-masing sikIus meliputi tahap perencanaan, peIaksanaan, observasi dan
refIeksi. Subjek peneIitian adaIah siswa keIas III-A SDN Simokerto V/138 Surabaya yang berjumIah 23
siswa, dengan 20 siswa berpartisipasi dalam penelitian. Penelitian ini menerapkan teknik anaIisis data
deskriptif kuantitatif untuk mengukur hasiI beIajar kognitif siswa dengan tes sebelum dan setelah
penerapan media pembelajaran "Jam Sudut". HasiI peneIitian menunjukkan adanya peningkatan yang
signifikan dalam pencapaian hasil belajar siswa setelah melalui kedua siklus pembelajaran. Persentase
siswa yang berhasil mencapai penguasaan materi mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu
dari 40% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media
pembelajaran "Jam Sudut" secara positif memengaruhi pemahaman dan pencapaian siswa terhadap materi
jenis dan besar sudut dalam matematika. Oleh karena itu, pemanfaatan media pembelajaran ini memiliki
potensi meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas III SD.
References
Binangon, HH dan Hakim, AR (2016). Pengaruh penggunaan alat peraga jam klakson terhadap hasil belajar matematika. JKPM (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika). Jilid 1, No.2, hlm.123, 204–214.
Fazia. Tidak berlaku (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Jenis dan Besar Sudut Menggunakan Media Jam Sudut untuk Siswa Kelas 3 MI NU 16 Kaligading Boka Kendal Semester 2 2015/2016. kertas. Semarang: UIN Walisongo.
Rozzi, Fahrur. 2017. Pembelajaran Komputer. Bangkalan: Universitas Truno Joyo Madura.
Arikunto, S.2007. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Aksara Bumi.
Heruman, Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013)
Suhashimi. Ali Quinto. (2012). Prosedur: Metode Praktek Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Mufidatun Nisa', Muslimin Ibrahim, Nanik Suwarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.