Penggunaan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pokok Bahasan Jaring-Jaring Kubus dan Balok Kelas IV di SDN Gunungsari 1 Surabaya Tahun 2022/2023

Authors

  • Rindiana Hanif Larasati Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Muslimin Ibrahim Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Silvia Mawaddah SDN Gunungsari 1 Surabaya
  • Sunaryo SDN Gunungsari 1 Surabaya

Keywords:

Jaring-jaring, media konkret, hasil belajar, PTKK

Abstract

Pembelajaran matematika memperhatikan aspek pengetahuna, keterampilan dan sikap agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Berdasarkan pengamatan di kelas IV SDN Gunungsari 1 Surabaya yang menunjukkan hasil belajar matematika yang rendah pada materi jaring-jaring kubus dan balok, akan dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan media konkret untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tersebut. Penelitian ini memiliki jenis penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK), yang melibatkan kerjasama antara dosen, guru pamong, dan peserta didik dalam memperbaiki masalah kegiatan belajar-mengajar di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rerata tes peserta didik meningkat dari 55,66 pada pra-siklus menjadi 80,57 pada siklus 2, dan tingkat ketuntasan terus mengalami penambahan dari 9% pada pra siklus menjadi 90,9% pada siklus 2. Oleh karena itu, pembelajaran pada siklus 3 tidak perlu dilakukan karena kriteria ketuntasan sudah terpenuhi. Dengan demikian, penggunaan media konkret merupakan media yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi tersebut.

References

Arikunto, Suharsimi. dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Marinda, Leny. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikannya pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jember: Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman Vol. 13, No 1, April 2020.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Sanjaya, Wina. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Pernada Media.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Larasati, R. H., Ibrahim, M. ., Mawaddah, S. ., & Sunaryo. (2023). Penggunaan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pokok Bahasan Jaring-Jaring Kubus dan Balok Kelas IV di SDN Gunungsari 1 Surabaya Tahun 2022/2023. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 37–43. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1032

Most read articles by the same author(s)