Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pengurangan Bilangan Dua Angka melalui Media Papan Pengurangan pada Siswa Kelas I SDN Gunungsari I/484 Surabaya

Authors

  • Iklimaturrida universitas nahdlatul ulama surabaya
  • Muslimin Ibrahim Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Silvia Mawaddah SD Negeri Gunungsari I/484 Surabaya
  • Sunaryo SD Negeri Gunungsari I/484 Surabaya

Keywords:

hasil belajar, papan pengurangan, matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas 1 SDN Gunungsari I/484 Surabaya, khususnya dalam materi pengurangan bilangan dua angka, dengan menggunakan media papan pengurangan. Penelitian ini berjenis PTK kolaboratif yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan bersamaan dengan pengamatan, dan refleksi. Melalui tindakan perbaikan yang dilakukan, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan pada tahap pra siklus sebesar 37,9%, meningkat sebesar 22,8% pada siklus 1 menjadi 60,7%, dan meningkat lagi sebesar 32,4% pada siklus ke-2 hingga mencapai ketuntasan belajar sebesar 93,1%. Dengan demikian, penggunaan media papan pengurangan terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi tersebut.

References

Halimah, B. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Melalui Penggunaan Media Kongkrit. Bintang Jurnal pendidikan dan sains, Vol. 1, No. 2.

Pitaloka, D., Wahid, SM., & Noer, RZ. (2022). Pemanfaatan Medıa Kantong Bılangan untuk Menıngkatkan Hasıl Belajar Matematıka Materı Operası Hıtung. Mathematic Education And Aplication, Vol. 4, No. 1.

Pratama, AB. (2019). Pengembangan Media Papan Flanel Penjumlahan dan Pengurangan. Jurnal Basic Education, Vol. 8, No. 7.

Ringgana. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Stik Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Siswa Kelas II MI Al-Ikhsan Turen Kabupaten Malang. Malang: Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang.

Setiowati, S. (2023). Implementasi Metode BSB 3P (Pembelajaran Papan Pintar) Matematika pada Kreativitas Siswa SDN Bareng 1, Nganjuk. Sains Data Jurnal Studi Matematika dan Teknologi, Vol. 1, No. 1.

Thef, AA. (2022). Penggunaan Alat Peraga Potongan Lidi pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I SDK Puubheto. Jurnal Literasi: Pendidikan dan Humaniora, Vol. 7, No. 1.

Yudistira. I, Rabbani. S. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Realistics Mathematic Education (Rme) Pada Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Siswa Kelas I Sd. Jurnal Elementary Education, Vol. 3, N0. 5.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Iklimaturrida, Ibrahim, M., Mawaddah, S., & Sunaryo. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pengurangan Bilangan Dua Angka melalui Media Papan Pengurangan pada Siswa Kelas I SDN Gunungsari I/484 Surabaya . PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 119–124. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1089

Most read articles by the same author(s)