Penerapan Gamifikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan Matematıka Materi Satuan Waktu Kelas II Sdn Kaliasin VII/286 Surabaya

Authors

  • Aulia Ningrum Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Muslimin Ibrahim Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • sunarsih Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Media Wordwall

Abstract

Salah satu mata pelajaran wajib yang menjadi pondasi pendidikan adalah Matematika, akan
tetapi siswa sering menganggap Matematika sulit dan kurang bersemangat ketika pembelajaran. Untuk
mengatasi hal ini, peneliti menggunakan pendekatan yang lebih menyenangkan dengan memanfaatkan
platform media Wordwall sebagai permainan pendidikan (adugame). Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi perbaikan dalam hasil pembelajaran Matematika pada topik satuan waktu di kelas II A
SDN Kaliasin VII/286 Surabaya dengan memanfaatkan platform media Wordwall sebagai edugame.
Siklus I mengadopsi pendekatan saintifik model Snowball Throwing, sedangkan siklus II menerapkan
pendekatan kooperatif model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament). Populasi penelitian terdiri
dari 19 siswa di kelas II A SDN Kaliasin VII/286 Surabaya. Data diambil melalui observasi (pengamatan),
dokumentasi serta tes hasil belajar. Data tersebut dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pra siklus siswa memiliki presentase ketuntasan 31,5%
dengan 6 siswa tuntas, pada siklus I persentase ketuntasan mencapai 63% dengan 12 siswa tuntas
sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan terjadi peningkatan signifikan sebesar 95% dengan 18 siswa tuntas. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Wordwall secara efektif
berkontribusi dalam meningkatkan hasil pembelajaran Matematika mengenai satuan waktu di kelas II A SDN Kaliasin VII/286 Surabaya.

References

Abadi, S., Sulandjari, K., Nasution, N. S., Keguruan, F., Universitas, P., & Karawang, S. (2022). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. SWARNA: Jurnal Pengabdian KepadaMasyarakat, 1(11), 3123–3132.

Aqib, Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB dan TK (Cet. V). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi, Supardi, & Suhardjono. (2015). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsini. (2000). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyanto, M. P., Nurcahyandi, Z. R., Diva, S. A., & Kudus, U. M. (2023). Penggunaan Gamifikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 2023.

Auliya, A. (2021). Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Wordwall Untuk Mata Pelajaran Ipa Smp Kelas Vii. IAIN Bengkulu, 1–134.

Kasbolah, K. (1998). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Depdikbud.

Maghfiroh, K., Roudlotul, M. I., & Semarang, H. (2018). Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. Jpk, 4(1), 64–70.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Yudistira Pratama, M. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. © 2019-Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 66.

Pratama, L. D., Lestari, W., & Bahauddin, A. (2019). Game Edukasi: Apakah membuat belajar lebih menarik? At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 5(1), 39–50. https://doi.org/10.36835/attalim.v5i1.64

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Ningrum, A., Ibrahim, M. ., & sunarsih. (2023). Penerapan Gamifikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan Matematıka Materi Satuan Waktu Kelas II Sdn Kaliasin VII/286 Surabaya. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 282–287. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1190

Most read articles by the same author(s)