Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas IV SDN Gunungsari 1 Surabaya menggunakan Media Kartu Gambar

Authors

  • Dwi Saputro Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Muslimin Ibrahim2 Ibrahim Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

Hasil Belajar, IPS, media kartu gambar

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil atau nilai belajar IPS siswa kelas
IV SDN Gunungsari 1 Surabaya menggunakan Media kartu Gambar serta mengetahui respon siswa
terhadap pembelajaran tersebut. Penelitian dilakukan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dalam dua siklus. Dimana masing-masing terdiri dari perencanaan sistem atau cara pembelajaranya,
pelaksanaan pembelajaran dikelas serta observasi, dan refleksi yang dilakukan guna mengetahui langkah
yang akan diambil. Subjek yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh populasi siswa di kelas
IV semester Genap tahun Ajaran 2022/2023 di SDN Gunungsari 1 Surabaya berjumlah 33 peserta didik,
dengan menggunkanan objek yang diteliti yaitu dengan hasil atau nilai IPS dari subjek yang diteliti. Teknik
yang digunakan dalam pengumpulan antara lain tes menggunakan soal-soal, angket keaktifan peserta
didik, serta observasi kegiatan pembelajaran dengan teknik analisis data secara kuantitatif dan juga
kualitatif. Penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa hasil atau kemampuan belajar IPS Peserta didik
kelas IV SDN Gunungsari 1 Surabaya telah mengalami peningkatan melalui pelaksanaan pembelajaran
siklus I dilanjutkan siklus II, dengan memakai media kartu gambar. Hal tersebut terbukti dengan
peningkatan peserta didik yang telah tuntas hingga menyentuh 78,57% pada siklus I, kemudian
peningkatan terjadi disiklus II sebesar 96,43%.Peserta didik kelas IV SDN Gunungsari 1 Surabaya
merespon dengan sangat baik pembelajaran Ilmu pengetahuan sosial memakai media kartu gambar.

References

Aliputri, D. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol.2 No. 1A, 1-8.

Istifarini, R. (2012). Pembelajaran Materi Virus Menggunakan Media Kartu Bergambar Di SMA Negeri 2 Wonosobo. Jurnal. Semarang: FMIPA, Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran Teori Dan Praktek. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Saputro, D., & Ibrahim, M. I. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas IV SDN Gunungsari 1 Surabaya menggunakan Media Kartu Gambar. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 91–96. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1118