Penggunaan Media Jam Tiruan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Membaca Jam pada Siswa Kelas I Sdn Gunungsari I Surabaya

Authors

  • Himmatul Maulida Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Muslimin Ibrahim Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Silvia Mawaddah SDN Gunungsari I Suarabaya
  • Sunaryo SDN Gunungsari I Suarabaya

Keywords:

Media jam tiruan, hasil belajar, matematika

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan gambaran penggunaan media benda konkret berupa jam tiruan guna meningkatkan keberhasilan pada pembelajaran matematika materi membaca jam terhadap siswa kelas I SDN Gunungsari 1 Surabaya. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) bersama dengan guru SDN Gunungsari I Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes, serta dokumentasi. Sasaran penelitian merupakan siswa kelas I SDN Gunungsari I Surabaya yang berjumlah 31 siswa. Adapun hasil penelitian menjelaskan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui penggunaan media jam tiruan. Hal tersebut telah dibuktikan dari keberhasilan siswa dalam belajar pada siklus I sebesar 67,7% mengalami kenaikan di siklus II sebesar 87%. Terjadi peningkatan kemampuan  guru serta aktivitas siswa dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran.

References

Arikunto, Suharsimi dkk.,(2014), Penelitian Tindakan Kelas. Cet. XII; Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. (2002). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Mata Pelajaran Matematika SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah, Ali dan Muhlisrarini.(2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Cet. I; Jakarta: RajaGrafindo Persada

Munadi, Yudhi. (2008). Media pembelajaran. Cipayung: Gaung Persada Press

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Wina Sanjaya. (2009) . Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rosda

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Maulida, H., Ibrahim, M., Mawaddah, S., & Sunaryo. (2023). Penggunaan Media Jam Tiruan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Membaca Jam pada Siswa Kelas I Sdn Gunungsari I Surabaya. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 443–449. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1035

Most read articles by the same author(s)