Penggunaan Media Jam Tiruan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Membaca Jam pada Siswa Kelas I Sdn Gunungsari I Surabaya
Keywords:
Media jam tiruan, hasil belajar, matematikaAbstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan gambaran penggunaan media benda konkret berupa jam tiruan guna meningkatkan keberhasilan pada pembelajaran matematika materi membaca jam terhadap siswa kelas I SDN Gunungsari 1 Surabaya. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) bersama dengan guru SDN Gunungsari I Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes, serta dokumentasi. Sasaran penelitian merupakan siswa kelas I SDN Gunungsari I Surabaya yang berjumlah 31 siswa. Adapun hasil penelitian menjelaskan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui penggunaan media jam tiruan. Hal tersebut telah dibuktikan dari keberhasilan siswa dalam belajar pada siklus I sebesar 67,7% mengalami kenaikan di siklus II sebesar 87%. Terjadi peningkatan kemampuan guru serta aktivitas siswa dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran.
References
Arikunto, Suharsimi dkk.,(2014), Penelitian Tindakan Kelas. Cet. XII; Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. (2002). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Mata Pelajaran Matematika SD/MI. Jakarta: Depdiknas.
Djamarah & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini.(2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Cet. I; Jakarta: RajaGrafindo Persada
Munadi, Yudhi. (2008). Media pembelajaran. Cipayung: Gaung Persada Press
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Wina Sanjaya. (2009) . Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rosda
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Himmatul Maulida, Muslimin Ibrahim, Silvia Mawaddah, Sunaryo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.