Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Pembelajaran PKN di SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya

Authors

  • Dwi Saputro Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

Pancasila, Pembelajaran PKN

Abstract

Pancasila bisa dikatakan pondasi atau pedoman bagi negara Indonesia. Dasar negara ini merupakan saripati berbagai macam nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Pancasila merupakan kumpulan dari beberapa azaz yang diperas menjadi lima azaz dasar yang kemudian menjadi pedoman bernegara oleh bangsa serta berisi kebaikan dan menjadi panduan dalam mengembangkan identitas bangsa,sehingga sudah sepatutnya sebagai negara harus menerapkan dan menyebarluaskan kepada warganya demi kokohnya ideologi kita di bumi  Indonesia. Berbagai studi dan kajian ilmiah menunjukkan bahwa dengan dimasukan Nilai-nilai pancasila didalam suatu pembelajaran adalah metode yang paling sesuai dalam memaparkan nilai-nilai pancasila dimasyarakat khususnya dilingkungan pendidikan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif. Proses pengambilan data dilaksanakan menggunakan teknik studi literatur dari bermacam-macam refrensi diantaranya artikel ilmiah,jurnal,buku,dan beberapa sumber lainya. output yang dihasilkan adalah nilai-nilai Pancasila dalam Pelajaran PKn memiliki andil yang bisa mempengaruhi dalam pengimplementasian nilai-nilai Pancasila di SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Kandungan nilai-nlai yang ada pada Pancasila melalui pembelajaran PKN merupakan jalan untuk pengimplementasian Pancasila dalam kehidupan berbangsa

References

Direktorat Sekolah Dasar. 2022. "Profil Pelajar Pancasila", http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profi l-pelajar-pancasila ( 20 Desember 2022).

Hadiwijono, A. (2016). Pendidikan Pancasila, eksistensinya bagi mahasiswa. Jurnal Cakrawala Hukum, 7(1), 82-97.

Handitya, B. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. ADIL Indonesia Journal, 1(2).

Sulianti, A. (2018). Revitalisasi pendidikan pancasila dalam pembentukan life skill.

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya Sebagai Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.

Strauss, Anselm & Corbin, Juliet . (2003). Dasar- Dasar Penelitian Kualitatif. Terj. M Shodiq & Musttaqien. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winarno. (2011). Implementasi Pancasila melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Disertas Sekolah Pascasarjana UPI Bandung

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Saputro, D. (2023). Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Pembelajaran PKN di SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 319–322. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1119