Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Canva dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SD Negeri Balasklumprik I/434 Surabaya

Authors

  • Miftahul Arifin Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Pance Mariati Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Yuanita Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

hasil belajar IPS, media pembelajaran berbasis Canva, IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan media pembelajaran berbasis Canva pada peserta didik kelas V SDN Balasklumprik I/434 Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas V SDN Balasklumprik I/434 dengan jumlah peserta didik sebanyak 33. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan deskripstif dengan rata-rata dan persentase ketuntasan keseluruhan peserta didik. Hasil penelitian dari penerapan media pembelajaran berbasis Canva pada peserta didik kelas V SDN Balasklumprik I/434 dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik, dapat dilihat dari persentase ketuntasan keseluruhan peserta didik pra siklus sebesar 42,42% dari 33 peserta didik. Pada siklus I presentase ketuntasan keseluruhan peserta didik meningkat sebesar 60,60% dari 33 peserta didik, kemudian pada siklus II meningkat Kembali menjadi 87,8% dari 33 peserta didik dengan nilai rata-rata 87,87. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPS mulai tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran berbasis Canva dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas V SDN Balasklumprik I/434 Surabaya.

References

AH Sanaky, H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaban Dipantara.

Ananda, R. & Rafida, T. (2017). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Aqib, Z. (2014). Penelitian Tindakan Kelas . Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research — C4R). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara.

Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kunandar. (2009). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

O'Grady, Cathleen. "How Canva Became Design's Darling". Fast Company, April 28, 2015 (Online). Diakses pada 25 Agustus 2023.

Perkins, Melanie. 2018. "Canva: A Disruptive Innovator in the Graphic Design Industry". International Journal of Innovation Management, vol. 22, no. 02.

Poerwanti, Endang, dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Pusat Kurikulum Balitbang Depdikbud. 2010. Panduan Pengembangan Belajar Aktif Paket I. Jakarta. Pusat Kurikulum.

Radicati, Sara. "The Rise of Canva as a Design and Publishing Platform." Forbes, March 17, 2021 (Online). Diakses pada 25 Agustus 2023.

Ross, Nicholas. "Building Canva: From a One-Person Startup to a Global SaaS Powerhouse". TechCrunch, June 9, 2021 (Online). Diakses pada 25 Agustus 2023.

Sadirman, A.M. 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta Rajawali Pers.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Tim Dosen Pengajar IPS. (2011). Bahan Ajar Pendidikan IPS Sekolah Dasar. Tasikmalaya: UPI Kampus Tasikmalaya.

Toshniwal, Ankit. "How Melanie Perkins Built Canva into a $6 Billion Company." Business Insider, May 20, 2021 (Online). Diakses pada 25 Agustus 2023.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wardani, Naniek Sulistya, dkk. 2009. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta. Depdiknas.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Arifin, M., Mariati, P., & Yuanita. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Canva dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SD Negeri Balasklumprik I/434 Surabaya. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 288–297. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1200

Most read articles by the same author(s)