Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Melalui Media Damar Kurung Pada Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Media Damar Kurung Cerita Rakyat, Keterampilan MenyimakAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menyimak dengan menggunakan media damar kurung. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Tahapan pada setiap siklus, terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik teknik observasi, dan tes. Aktivitas guru mengalami peningkatan dari 74.78% pada siklus 1 menjadi 87.69% pada siklus 2. Aktivitas peserta didik dari 75.79% pada siklus 1 menjadi 88.60% pada siklus 2. Sementara itu persentase ketuntasan hasil belajar klasikal kelas mengalami peningkatan dari 62.50% pada siklus 1 menjadi 83.33% pada siklus 2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media damar kurung dengan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita pada peserta didik kelas V SDN Babatan I/456 Surabaya.
References
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa Bandung
Ismurdyahwati, Ika.2002. Seni Hias Damar Kurung Dan Lukisan Kaca Jawa Timur. Surabaya: Studio G Production.
Anggraeni, S. D., & Damayanti, M. I. (2021). Pengembangan media kalender dongeng untuk keterampilan menyimak siswa kelas III Sekolah Dasar. JPGSD, 9(8), 3011–3021.
Mujiono, M., Karim, A., & Nurvita, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Rakyat Melalui Media Gambar Pada Siswa kelas V SD Inpres 1 Sidole Kecamatan Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong. Jurnal Kreatif Online, 6(1).
Musyadad, V. F. (2023). Upaya Penıngkatan Keterampılan Menyımak Sekolah Dasar Melaluı Medıa Audıo Vısual. Jurnal Primary Edu, 1(1), 51–60.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Eka Fitri Rahmawati, Pance Mariati, Binti Sari Dewi, Sukrisno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.