Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Melalui Media Damar Kurung Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Eka Fitri Rahmawati Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Pance Mariati Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Binti Sari Dewi SDN Babatan I/456 Surabaya
  • Sukrisno SDN Babatan I/456 Surabaya

Keywords:

Media Damar Kurung Cerita Rakyat, Keterampilan Menyimak

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menyimak dengan menggunakan media damar kurung. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Tahapan pada setiap siklus, terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik teknik observasi, dan tes. Aktivitas guru mengalami peningkatan dari 74.78% pada siklus 1 menjadi 87.69% pada siklus 2. Aktivitas peserta didik dari 75.79%  pada siklus 1 menjadi 88.60% pada siklus 2. Sementara itu persentase ketuntasan hasil belajar klasikal kelas mengalami peningkatan dari 62.50% pada siklus 1 menjadi 83.33% pada siklus 2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media damar kurung dengan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita pada peserta didik kelas V SDN Babatan I/456 Surabaya.

References

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa Bandung

Ismurdyahwati, Ika.2002. Seni Hias Damar Kurung Dan Lukisan Kaca Jawa Timur. Surabaya: Studio G Production.

Anggraeni, S. D., & Damayanti, M. I. (2021). Pengembangan media kalender dongeng untuk keterampilan menyimak siswa kelas III Sekolah Dasar. JPGSD, 9(8), 3011–3021.

Mujiono, M., Karim, A., & Nurvita, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Rakyat Melalui Media Gambar Pada Siswa kelas V SD Inpres 1 Sidole Kecamatan Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong. Jurnal Kreatif Online, 6(1).

Musyadad, V. F. (2023). Upaya Penıngkatan Keterampılan Menyımak Sekolah Dasar Melaluı Medıa Audıo Vısual. Jurnal Primary Edu, 1(1), 51–60.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Rahmawati, E. F., Mariati, P., Dewi, B. S., & Sukrisno. (2023). Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Melalui Media Damar Kurung Pada Siswa Sekolah Dasar. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 461–467. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1122

Most read articles by the same author(s)