Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantu Medıa Wordwall untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana pada Kelas I
Keywords:
keterampilan menulis, pembelajaran berbasis proyek, media wordwallAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran berbasis proyek berbantu media wordwall dapat meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana peserta didik kelas I SDN Babatan I/456 Surabaya. Penelitian tindakan kelas (PTK) digunakan dalam penelitian ini. Sebanyak 24 peserta didik kelas I-B di SDN Babatan I/456 Surabaya menjadi subjek penelitian pembelajaran. Metode pengumpulan data penelitian ini memanfaatkan observasi pendidik, observasi peserta didik, dan lembar tes. Peserta didik yang tuntas KKM memperoleh skor 42% pada pra siklus sedangkan peserta didik yang tidak tuntas KKM memperoleh skor 58%. Pada siklus I peserta didik tuntas KKM mencapai 54% dan siklus II mencapai 87,5% . Dari siklus I ke siklus II, data aktivitas peserta didik dan pendidik dalam pembelajaran berbasis proyek berbantu media wordwall juga meningkat. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek berbantu media wordwall dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa kelas I.
References
Arikunto, S. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara.
Kusnandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. PT Raja Grafindo Persada.
Marlani, L., & Prawiyogi, A. G. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi di Sekolah Dasar. Journal of Islamic Primary Education, 2(1), 8–12. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al-aulad
Oktaviani, M., & Gusti Yanti, P. (2022). Mengembangkan Media Pembelajaran Permainan Anagram (Wordwall) untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Peserta Didik. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia, 7(2), 275–284. https://doi.org/10.32528/bb.v7i2.97
Parker, J. L. (2020). Students’ Attitudes Toward Project-Based Learning in an Intermediate Spanish Course. International Journal of Curriculum and Instruction, 12(1), 80–97.
Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2022). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 70–77. www.wordwall.net
Rahmi, A., & Damri, D. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana melalui Media Buku Halus Kasar Bagi Anak Disgrafia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5305–5312. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1644
Setia, G. P. (2018). Penggunaan Media Kartu Kata dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar Tema: Menyongsong Transformasi Pendidikan Abad 21.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., Tyas, A., & Hardini, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Syiah Kuala JURNAL PESONA DASAR, 6(1), 41–54.
Widiarso, E. (2016). Strategi dan metode Mengajar Siswa Diluar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktifm Kreatif Inspiratif, dan Komunikatif. Ar-Ruzz Media Group.
Yanti, Y., Raharjo, T. J., & Sumarni, W. (2022). The Improvement of Students’ Learning Outcomes and Report Writing Skills at The Sixth Grade Elementary School Use the Learning Model Think-Talk-Write and Wordwall Media. Journal of Primary Education, 11(1), 53–63. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe
Yulistiani, D., & Indihadi, D. (2020). Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 228–234. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Erlinda Widyatna, Pance Mariati, Binti Sari Dewi, Sukrisno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.