Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia melalui Audio Visual Kelas 4 SD Negeri Balasklumprik I/434

Authors

  • Alfiyatul Lil Ummah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Pance Mariati Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Sjam Agustien SD Negeri Balasklumprik 1/434
  • Yuanita SD Negeri Balasklumprik 1/434

Keywords:

Bahasa Indonesia, Hasil Belajar, Media Audio Visual

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media audiovisual
membantu siswa memahami lebih baik atau tidak. Pemeriksaan ini merupakan penelitian aktivitas wali
kelas yang menggabungkan empat fase, yaitu persiapan, aktivitas, persepsi, dan refleksi khusus. Eksplorasi
ini diselesaikan di kelas 4 termasuk 20 siswa sebagai mata pelajaran ujian. Dokumentasi, tes, dan observasi
digunakan untuk mengumpulkan data. Informasi yang dikumpulkan kemudian diselidiki menggunakan
penjelasan kuantitatif dan strategi pencerahan subjektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan
media audiovisual berhasil meningkatkan pemahaman hasil belajar siswa.

References

Dewi, A. L. S., & Mubarokah, L. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Kenampakan Alam dan Buatan Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2). https://doi.org/10.30651/else.v3i2.3223

Fatimah, W., Iskandar, A. M., Abustang, P. B., & Rosarti, M. S. (2022). Media Pembelajaran Audio Visual Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar IPS Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(6), 9324–9332. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3287

Haryoko, S. Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran.

Komariyah, S., Fatmala, A., & Laili, N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60.

Kualitatif, I. P. D. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arnie Fajar. 2005. Portofolio Dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rambe, R. N. K. (2018). Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. JURNAL TARBIYAH, 25(1). https://doi.org/10.30829/tar.v25i1.237

Wanabuliandari, S., Fakhriyah, F., & Ardianti, S. D. (2020). PTK Assistance for Teachers in SD 1 Tumpang Krasak with Participant Active Learning Techniques. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 209–214. https://doi.org/10.31960/caradde.v2i2.324

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Lil Ummah, A. ., Mariati, P., Agustien, S., & Yuanita. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia melalui Audio Visual Kelas 4 SD Negeri Balasklumprik I/434. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 265–269. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1185

Most read articles by the same author(s)