Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia melalui Audio Visual Kelas 4 SD Negeri Balasklumprik I/434
Keywords:
Bahasa Indonesia, Hasil Belajar, Media Audio VisualAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media audiovisual
membantu siswa memahami lebih baik atau tidak. Pemeriksaan ini merupakan penelitian aktivitas wali
kelas yang menggabungkan empat fase, yaitu persiapan, aktivitas, persepsi, dan refleksi khusus. Eksplorasi
ini diselesaikan di kelas 4 termasuk 20 siswa sebagai mata pelajaran ujian. Dokumentasi, tes, dan observasi
digunakan untuk mengumpulkan data. Informasi yang dikumpulkan kemudian diselidiki menggunakan
penjelasan kuantitatif dan strategi pencerahan subjektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan
media audiovisual berhasil meningkatkan pemahaman hasil belajar siswa.
References
Dewi, A. L. S., & Mubarokah, L. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Kenampakan Alam dan Buatan Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2). https://doi.org/10.30651/else.v3i2.3223
Fatimah, W., Iskandar, A. M., Abustang, P. B., & Rosarti, M. S. (2022). Media Pembelajaran Audio Visual Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar IPS Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(6), 9324–9332. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3287
Haryoko, S. Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran.
Komariyah, S., Fatmala, A., & Laili, N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60.
Kualitatif, I. P. D. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arnie Fajar. 2005. Portofolio Dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rambe, R. N. K. (2018). Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. JURNAL TARBIYAH, 25(1). https://doi.org/10.30829/tar.v25i1.237
Wanabuliandari, S., Fakhriyah, F., & Ardianti, S. D. (2020). PTK Assistance for Teachers in SD 1 Tumpang Krasak with Participant Active Learning Techniques. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 209–214. https://doi.org/10.31960/caradde.v2i2.324
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Alfiyatul Lil Ummah, Pance Mariati, Sjam Agustien, Yuanita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.