Penerapan Projek Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila pada Kelas IV-A UPT SDN 162 Gresik
Keywords:
PjBL, Pendidikan Pancasila, PTKAbstract
Penelitian ini di baut karena berdasarkan dari hasil belajar siswa yang rendah pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Karena di kelas IV-A UPT SDN 149 Gresik mengalami hasil belajar yang kurang memuaskan. Guru juga belum pernah menggunakan pembelajaran yang inovatif dan berpusat pada eserta didik. Maka peneliti menggunakan Projek Based Learnıng guna meningkatkan hasil belajar siswa di dalam pembelajaran. Peneliti menggunakan penlitian tindakan kelas kolaboratif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV-A UPT SDN 149 Gresik sabjek pesertadiddik berjumlah 23 peserta didik. Penelitian tindakan kelas menggunakan kurt lewin. Dalam setiap siklus terdiri dari 4 komponen yaitu: : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi . penelitian ini menggunakan 2 siklus yaitu silkus I dan siklus II. Pengumpulan data menggunkan observasi,tes, dokumentasi. Teknik analisis peneliti menggunakan kualitatif yang di bantu dengan kuantitatif. Pada pra siklus ketuntasan hasil belajar hanya126% dan pada siklus 2 ketuntasan belajar siswa naik pada 69,5% dan siklus yang ke II naik menjadi 86,9% hal ini menunjukan hasil belajar rata-rata meningkat 80% dengan kategori sangat baik.
References
Arikunto, Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Akbar, R., & Hawadi. (2004). Akselerasi: A-Z Program Percepatan Belajar dan Anak Berbakat Intelektual. Jakarta: Grasindo.
Young, M. E., Klemz, B. R., & Murphy, J. W. (2003). Enhancing Learning Outcomes: The Effects of Instructional Technology, Learning Style, Instructional Methods and Student Behavior. Journal of Marketing Education , 25, 130.
Nemeth, J., & Long, J. G. (2012). Assessing Learning Outcomes in U.S. Planning Studio Courses. Journal of Planning Education and Research , 32 (4), 476-490.
Molstad, C. E., & Karseth, B. (2016). National Curricula in Norway and Finland: The Role of Learning Outcomes. European Educational Research Journal , 15 (3), 329-344.
Supardi & Suhardjono. 2012. Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Andi Offset
Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Ardianti, S.D., Pratiwi, I.A., dan Kanzunnudin, Moh. 2017. Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Refleksi Edukatika, 7 (2): 145-150.
Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara
NYC Departement of Education (2009). Project Based Learning: Inspiring Middle School Student to Engage in Deep and Active Learning. New York : Division of Teaching and Learning Office
Thomas, J.W. (2000). A Review of Research on Project Based Learning. California : The Autodesk Foundation.
Kemdikbud. (2014). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013 tahun ajaran 2014/2015: Mata pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Hopkins. (1993). Desain Penelitian Tindakan Kelas (Model Ebbut). Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Diki Ardiyanto, Pance Mariati, Juwari, Koidah Fitriyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.