Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Volume Kubus dan Balok menggunakan Media Kubus Satuan pada Siswa Kelas IV-B di UPT SD Negeri 144 Gresik
Keywords:
Hasil Belajar, Volume Kubus dan Balok, Media Kubus SatuanAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika materi volume kubus
dan balok kelas IV-B UPT SD Negeri 144 Gresik karena penyajian materi yang kurang menarik. Tujuan
dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui penerapan media kubus satuan dalam meningkatkan hasil belajar
materi volume kubus dan balok pada siswa kelas IV-B di UPT SD Negeri 144 Gresik. 2) Mengetahui
peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media kubus satuan. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat
komponen pada setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah siswa IV-B di UPT SD Negeri 144 Gresik yang terdiri dari 28 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan media kubus satuan terlaksana dengan
baik. Dapat dilihat dari hasil nilai observasi aktivitas guru pada siklus I 75,96 meningkat pada siklus II
menjadi 96,15. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 75,96 meningkat pada siklus II menjadi 95,19.
Hasil belajar materi volume kubus dan balok siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan media
kubus satuan. Dapat dilihat dari persentase ketuntasan para sisklus 25%. Pada siklus I mengalami
peningkatan menjadi 50% dan pada siklus II terjadi peningkatan lagi menjadi 82%.
References
Afandi, Muhammad. 2011. Cara Efektif Menulis Karya Ilmiah Seting Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar dan Umum. Bandung: Alfabeta.
Agustien et al., R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, (Online), Jilid. 1, No. 1, (https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/8010), diakses pada 15 Juli 2023.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Jurnal Formatif, Vol. 6(No. 1), 12–22.
Ayuningsih, K. (2017). Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran IPS Materi Menghargai Jasa Pahlawan di Kelas V SDN Sidokumpul Sidoarjo. Journal of Information and Computer Technology Education, (Online), Jilid. 1, No. 1, (https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/529245), diakses pada 15 Juli 2023.
Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Lestari, T. D. (2018). Pengaruh Media Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Mengenal Unsur-Unsur Bangun Datar Sederhana Kelas II SDN 238 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, (Online), Jilid. 5, No. 1, (https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jisd/article/view/8258), diakses pada 15 Juli 2023.
Sumarni. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Menghitung Volume Balok dan Kubus dengan Penggunaan Alat Peraga Kubus Satuan pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah 3 Surabaya”. Jurnal PGSD, (Online), Jilid. 1, No. 1, (https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/2131), diakses pada 15 Juli 2023.
Sundayana, Rostina. 2018. Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. (Bandung: Alfabeta).
Febbyanty. “Penggunaan Media Kubus Satuan untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa pada Pembelajaran Matematika”. Jurnal TRIADIK. (Online), Jilid. 17, No. 1, (https://ejournal.unib.ac.id/triadik/article/view/11116), diakses pada 15 Juli 2023
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 AL FANI MASITA, Pance Mariati, Titik Sukati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.