Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Puzzle Gotong Royong

Authors

  • Hidayatul Nurfadlilah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Pance Mariati Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Binti Sari Dewi SDN Babatan 1/456 Surabaya
  • Sukrisno Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

media puzzle, hasil belajar kognitif, kelas 1

Abstract

Pembelajaran yang semata-mata berpusat pada guru berpengaruh terhadap menurunnya hasil
belajar kognitif siswa. Penggunaan media serta model pembelajaran yang sesuai mampu mengoptimalkan
hasil belajar kognitif. Media puzzle dan model pembelajaran Project Based Learning menjadi solusi
memaksimalkan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil
belajar kognitif pada siswa kelas I SDN Babatan I/456 Surabaya melalui penggunaan media puzzle.
Penelitian Tindak Kelas (PTK) diterapkan sebagai metode untuk penelitian ini. Hasil yang diperoleh
membuktikan peningkatan yang substansial. Pada pra siklus ketuntasan klasikal mencapai 44%, kemudian
naik menjadi 68% pada siklus I serta 84% pada siklus II. Dengan demikian, diperoleh kesimpulan bahwa
media puzzle dan model Project Based Learning dapat membuat hasil belajar kognitif peserta didik
menjadi meningkat.

References

Ahsani, E. L. F., & Ariyanti, M. Y. (2022). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BEAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD 5 PASURUHAN LOR. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 60-69

Ardyaningsih, F., Fathurohman, I., & Purbasari, I. (2021). Penerapan Model Make a Match Dengan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Aku Dan Cita-Citaku Kelas Iv Sdn Talun 02 Pati. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(2).

Ariyani, B., Wasitohadi, W., & Rahayu, T. S. (2019). Meningkatkan Antusiasme dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Picture and Picture Berbantuan Media Puzzle pada Muatan Matematika, Bahasa Indonesia, dan PPKn Kelas 1 SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 2(1), 289-296.

Hamzah, Amir. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan. Malang: Literasi Nusantara Abadi.

Hastuti, W. (2019). Peningkatan hasil belajar PPKn menggunakan media puzzle Pancasila pada siswa Kelas IA di SD Negeri Rambutan 03 Pagi. Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019.

Kemmis & Mc. Taggart. 2010. The Action Research Planner. Geelong: Deaken Univercity Press.

Khairina, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn Kelas V Di Sd Swasta Pesantren Modern Adnan Kecamatan Medan Sunggal (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)

Lestari, D. G., & Irawati, H. (2020). Literature Review: Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Dan Motivasi Siswa Pada Materi Biologi Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiri. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(2), 51-59.

Maulidah, A. N., & Aslam, A. A. (2021). Penggunaan Media Puzzle secara Daring terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Mimbar Ilmu, 26(2), 281-286.

Neteria, F., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Puzzle sebagai media pembelajaran inovatif dalam mata pelajaran IPS bagi guru di sekolah dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 82-90.

Rahmadani, A. (2022). Peningkatan kreativitas belajar siswa melalui penerapan model project based learning (PjBL) dengan metode eksperimen dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam di Kelas V MIN 1 Kota Padangsdimpuan (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).

Salsabila, U. H., Utami, S. N., Zahra, A., Haikal, F., & Cahyono, A. (2021). Pengaruh penggunaan media belajar online selama pandemi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 1-9.

Sugiyanto. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Yuma Pustaka.

Syafitri, A., Amir, H., & Elvinawati, E. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Dengan Media Ular Tangga Dan Media Puzzle Di Kelas XI SMA Negeri 01 Bengkulu Tengah. Alotrop, 3(2).

Zuhdi, F., Khairunnisa, K., & Jiwandono, I. S. (2021). Pengaruh Metode Group Investigation terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Muatan Materi PPKn di Kelas V SDN 2 Kalijaga. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2(1), 44-54.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Hidayatul Nurfadlilah, Mariati, P. ., Sari Dewi, B. ., & Sukrisno. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Puzzle Gotong Royong. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 97–102. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1120

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>