Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Keliling Bangun Datar Melalui Model Team Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 162 Gresık

Authors

  • Putri Zhafirah Yumna Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Pance Mariati Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Juwari UPT SD Negeri 162 Gresik
  • Koidah Fitriyah UPT SD Negeri 162 Gresik

Keywords:

Team Games Tournament (TGT), Matematika, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi keliling bangun datar peserta didik kelas IV di UPT SD Negeri 162 Gresik melalui model Team Games Tournament(TGT) dan dilakukan sebanyak 2 siklus. Pada siklus I metode peaksanaan menggunakan metode ceramah klasikal saja. Metode klasikal saja kurang efektif karena menjadikan peserta didik bosan, sehingga memicu kurangnya semangat dalam pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar mereka yaitu kurang memenuhi standar penilaian atau KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). KKM pada mata pelajaran matematika kelas IV di UPT SDN 162 Gresik yaitu 80. Pada siklus II diterapkannya model Team Games Tournament(TGT). Penerapan model tersebut mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dibuktikan dari nilai hasil belajar peserta didik siklus II mata pelajaran matematika. Pada siklus I, nilai ketuntasan klasikal hanya 46% dengan kategori sedang lalu meningkat pada siklus II yaitu 83% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka penggunaan model Team Games Tournament(TGT) dapat dikatakan berhasil meningkatkan hasil belajar matematika materi keliling bangun datar.

Author Biography

Juwari, UPT SD Negeri 162 Gresik

Mahmud. (2008). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik. Bandung: Tsabita

Mulyasa. (2005). Hasil Belajar dan Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta Gramedia.

Ropii, M., & Fahrurrozi, M. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Lombok: Universitas Hamzanwadi Press.

Slavin E. Robert. (2015). Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Bandung. Nusa Media.

Wardani, K.W., (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 4 SD N Gendongan 03 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Journal for Lesson and Learning Studies2(1), pp.46-52`1

Widodo, S. (2007). Pengantar Dasar Matematika. Kediri: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI kediri.  

Wulandari, T., (2015). Penerapan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-H SMP Negeri 2 Malang pada materi Segi Empat dan Segitiga (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang

References

Mahmud. (2008). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik. Bandung: Tsabita

Mulyasa. (2005). Hasil Belajar dan Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta Gramedia.

Ropii, M., & Fahrurrozi, M. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Lombok: Universitas Hamzanwadi Press.

Slavin E. Robert. (2015). Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Bandung. Nusa Media.

Wardani, K.W., (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 4 SD N Gendongan 03 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), pp.46-52`1

Widodo, S. (2007). Pengantar Dasar Matematika. Kediri: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI kediri.

Wulandari, T., (2015). Penerapan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-H SMP Negeri 2 Malang pada materi Segi Empat dan Segitiga (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Yumna, P. Z., Mariati, P., Juwari, & Fitriyah, K. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Keliling Bangun Datar Melalui Model Team Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 162 Gresık. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 576–582. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1140

Most read articles by the same author(s)