Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas IV di UPT SDN 162 Gresik

Authors

  • Machlinda Firdaus Damayanti Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Pance Mariati Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Arief Achomadin UPT SDN 162 Gresik
  • Juwari UPT SDN 162 Gresik

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Project Based Learning (PjBL), Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV di UPT SDN 162 Gresik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dengan menerapkan model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan model spiral merujuk pada Kemmis dan Taggart, yaitu dengan alur perencanaanm pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pada penelitian ini data diperoleh dari tes yang dilakukan pada 22 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. dengan membandingkan hasil dari pra siklus sampai siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV di UPT SDN 162 Gresik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Pada pra siklus ketuntasan hasil belajar peserta didik hanya mencapai 40,9%. Pada siklus I mengalami peningkatan sebanyak 63,6%, dan meningkat lagi menjadi 90,9% pada siklus II.

References

Arikunto, Suharsimi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Batubara, H. S., Riyanda, A. R., Rahmawati, R., Ambiyar, A., & Samala, A. D. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19: Meta-Analisis. Jurnal Basicedu, 6(3), 4629-4637.

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/Kr/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-Based Learning: A Review of The Literature. Improving Schools, 19(3), 267-277.

Nugraha, A. R., Kristin, F., & Anugraheni, Indri. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 5 Sd. Jurnal Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 6(4.1), 9-15.

Ramadhani, Fakhri. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dalam Pembelajaran Daring di Kelas IX SMP. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(4), 237-243.

Riyanda, A. R., Agnesa, T., Wira, A., Ambiyar, A., Umar, S., & Hakim, U. (2022). Hybrid Learning: Alternatif Model Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(3), 4461-4469.

Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Surya, A. R., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41-54.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Damayanti, M. F., Mariati, P., Achomadin, A., & Juwari. (2023). Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas IV di UPT SDN 162 Gresik. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 530–534. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1142

Most read articles by the same author(s)