Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Keliling Bangun Datar dengan Realistic Mathematics Education Kelas III

Authors

  • Erna Maulidina Sari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Syamsul Ghufron Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Sri Susiana Mujiati SD Negeri Gunungsari III Surabaya
  • Mariyani SD Negeri Gunungsari III Surabaya

Keywords:

matematika, realistic mathematics education, hasil belajar, keliling

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika materi keliling bangun datar dengan Realistic Mathematics Education kelas III. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Terdapat empat tahapan yang dilakukan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Gunungsari III Surabaya dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi, dokumentasi dan evaluasi dari nilai peserta. didik Penelitian ini diselesaikan menggunakan dua siklus. Keberhasilan penelitian didapatkan melalui hasil tes evaluasi yang dilakukan pada akhir pembelajaran. Pada penelitian ini jika peserta didik dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu ≥ 70 sebesar 80%. Hasil belajar yang diperoleh peserta didik pada siklus I mendapatkan rata-rata 69.71, ketuntasan peserta didik yang mencapai KKM sejumlah 23 peserta didik dengan prosentase 65.71%. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 76.57 dengan peserta didik yang nilainya tuntas mencapai KKM sejumlah 31 peserta didik dan hasil prosentasenya mencapai 88.57%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Realistic Mathematics Education daapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi keliling bangung datar di kelas III.

References

Evi, Soviawati. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol Edisi Khusus, 154 – 163.

Hasanah, Nur. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Luas dan Keliling Bangun Datar Melalui Realistic Matematika Education (RME). Jurnal Educatio, vol 7, 953-959.

Kurnia, Ida. (2020). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD N 1 Karangmangu. Jurnal Penelitian Pendidikan, vol 6, 74-79.

Lalila, Nur. (2021). Pengaruh Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Keliling dan Luas Persegi. STIKP PGRI Bangkalan.

Rohmah, Siti Nur. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: UAD Press

Susilo, dkk. (2022). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumedia.

Yayuk, Erna. (2019). Pembelajaran Matematika SD. Malang: Univeristas Muhammadiyah Malang

Khoiri, M. (2014). Pemahaman Siswa Pada konsep Segiempat Berdasarkan Teori Van Hiele. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember, vol 19, 262-267.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Sari, E. M., Ghufron, S., Mujiati, S. S., & Mariyani. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Keliling Bangun Datar dengan Realistic Mathematics Education Kelas III. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 468–472. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1138

Most read articles by the same author(s)