Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Simetrı Lipat dan Putar melalui Metode Demonstrasi di Kelas III

Authors

  • Adika Hanafia UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA
  • Syamsul Ghufron Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Sri Susiana Mujiati SDN Gunungsari III Surabaya

Keywords:

Demonstrasi, Simetri, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan metode demonstrasi pada materi simetri lipat dan putar di kelas III SDN Gunungsari III Surabaya. Penelitian ini melibatkan 35 siswa sebagai partisipan dalam dua siklus tindakan. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini mengguanakan metode pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan informasi dilaksanakan melalui evaluasi awal dan evaluasi akhir, pengamatan di kelas, wawancara, serta refleksi guru. Data dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode demonstrasi secara signifikan meningkatkan pemahaman dan hasil belajar matematika pada materi simetri lipat dan putar. Siswa menunjukan peningkatan kemampuan dalam mengidentifikasi objek dengan simetri lipat dan putar, dan mampu menerapkan konsep ini dalam situasi dunia nyata. Disamping itu, siswa juga menunjukkan peningkatan minat dan motivasi dalam pembelajaran matematika. Dari hasil penelitian ini, dapat disarankan bahwa metode demonstrasi memiliki efek yang positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada topik simetri lipat dan putar di kelas III. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam konteks ini dan dapat menjadi acuan bagi guru dan peneliti dalam upaya meningkatkan pemahaman matematika siswa.

References

Pecahan Nilai Uang Melalui Metode Demonstrasi di Kelas II SDN 146/X Tanjung Solok. Journal on Education, 4(2), 437-447.

Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (Vol. 1). UMMPress.

Ikmal, H. (2023). Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Konsep, Pemilihan, Pengembangan dan Evaluasi). Nawa Litera Publishing.

Azizah, A. N. (2023) Pengaruh Metode Demonstrasi dengan Bantuan Software Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto.

Endayani, T. B., Rina, C., & Agustina, M. (2020). Metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150-158.

Doa, M. D. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Simetri Pada Siswa Kelas V SD Katholik 001 Lela 1. Global Edu, 4(1), 17-23.

Hartini, D. S. S. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI METODE DEMONSTRASI GERAK DAN LAGU. Jurnal Pakar guru, 2(2), 112-130.

Faridah, F. (2021). Pentingnya Kemampuan Bertanya Guru Terhadap Motivasi Siswa Dalam Belajar Matematika. Journal of Education and Teaching, 3(1), 95-102.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Adika Hanafia, Ghufron, S., & Mujiati, S. S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Simetrı Lipat dan Putar melalui Metode Demonstrasi di Kelas III. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 145–150. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1135

Most read articles by the same author(s)