Peningkatan Minat Literasi Siswa Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar

Authors

  • Sri Rahayu
  • Syamsul Ghufron

Keywords:

Peningkatan Minat Literasi Siswa, Sekolah Dasar

Abstract

Literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pengembangan pembelajaran, guru harus mampu memilih dan memanfaatkan bahan ajar, seperti mendorong siswa untuk membaca buku-buku yang berkualitas, karena kegiatan membaca sejalan dengan proses berfikir kritis yang memungkinkan siswa untuk kreatif dan berdaya cipta. Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan minat literasi siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Pangempon. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di Sekolah Dasar Negeri 1 Pangempon. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru dan Peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil aktualisasi menunjukan bahwa pelaksanaan program literasi di Sekolah Dasar Negeri 1 Pangempon berada pada tahap pembiasaan. Adapun hasil dari kegiatan penelitian di sekolah dalam pelaksanaan program literasi adalah : (1) pembuatan sudut baca kelas (supermi),(2) bintang minggu ini,(3) sudut benda kesukaanku, (4) membuat sudut kreasi, (5) belajar lewat dongeng ceker mendo (cerdas kreatif melalui dongeng), (6) pohon literasi, (7)poster delapan kata ajaib. Sedangkan kendala yang dihadapi adalah kurangnya partisipasi orang tua peserta didik dalam mendukung kegiatan literasi di sekolah dan kurangnya minat baca peserta didik.

References

Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 15. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2965

Dewantara, I. P. M., & Tantri, A. A. S. (2017). Keefektifan Budaya Literasi Di Sd N 3 Banjar Jawa Untuk Meningkatkan Minat Baca. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 204. https://doi.org/10.23887/jere.v1i4.12054

Kurniawan, A. R., Chan, F., Abdurrohim, M., Wanimbo, O., Putri, N. H., Intan, F. M., & Samosir, W. L. S. (2019). PROBLEMATIKA GURU DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM LITERASI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR PENDAHULUAN Pelaksanaan pendidikan merupakan salah satu aspek kehidupan yang sangat dibutuhkan bagi masyarakat Indonesia . Menurut UU No . 20 Tahun 2003 tentang Sitem Pendidik. III(November), 31–37.

Nurdiyanti, E., & Suryanto, E. (2010). Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Paedagogia, 13(2), 115–128.

Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Rahayu, S., & Ghufron, S. (2020). Peningkatan Minat Literasi Siswa Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH (NCU) 2020, 1(1), 595–604. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/685