Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Geoboard di Kelas I SDN Gunungsari 3 Surabaya
Keywords:
Matematika, Hasil Belajar, Media Pembelajaran, geoboardAbstract
Pola pikir logis dibutuhkan dalam mempelajari ilmu matematika, sehingga perlu adanya media pembelajaran untuk memvisualisasikan materi yang sedang dipelajari. Berdasarkan pengamatan di Kelas I SD Negeri Gunungsari 3 Surabaya peserta didik memiliki hasil belajar rendah pada muatan matematika. Pada penelitian ini dilakukan penerapan media pembelajaran geoboard bertujuan untuk mengoptimalkan hasil belajar matematika memanfaatkan media pembelajaran geoboard. Penelitian ini menerapkan metode Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK), dengan melibatkan Guru Pamong, Dosen Pembimbing Lapangan, dan Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data memakai metode observasi dan tes. Penelitian ini memanfaatkan teknik analisis data berupa kualitatif dan kuantitatif. Nilai rata-rata kelas sebelum mendapat tindakan sebesar 48,75, kemudian setelah mendapat tindakan pada siklus satu mengalami perubahan menjadi 87,9. Pada siklus dua rata-rata nilai kelasnya yaitu 91,25. Hasil dari penelitian ini mengalami perkembangan pada hasil belajar peserta didik. Pada siklus satu persentase keberhasilan mencapai 87,5%, sedangkan pada siklus dua persentase keberhasilannya mencapai 91,6%. Berdasarkan hasil belajar yang didapatkan dalam siklus satu dan siklus dua dapat dinyatakan bahwa PTKK yang dilakukan berhasil.
References
Arikunto, S., Supardi., Suhardjono. (2021). Penelitian tindakan kelas kolaboratif Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Gumantan, A., Imam, M., Yuliandra, R. (2020). Pengembangan Aplikasi Pengukuran Tes Kebugaran Jasmani Berbasis Android. Jurnal Ilmu Keolahragaan. 19(2). 1693-1475. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JIK/article/view/21828/14692
Hotimah, D. H. (2022) Teks Laporan Hasil Observasi & Teks Eksposisi. Bogor: Guepedia.
Istiqamah, N., Nurmi. (2014). Penerapan Pembelajaran Konstruktivisme Dengan Model Siklus Belajar 5E Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Kelas VII C SMP Negeri 4 Woha Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan MIPA. 4(2). 2088-0294. https://stkiptsb.ac.id/simak-tsb/admin/pubin/14904051662.%20NO.2%20MIPA.pdf#page=156
Prihantoro, A., dan Fattah, H. (2019). Melakukan Penelitian tindakan kelas kolaboratif. Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman. 9(1). 1907-2333. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/article/view/283/313
Rifai. (2019). Penelitian tindakan kelas kolaboratif PAK. Sukoharjo: Bornwin’s Publishing.
Rijali, Ahmad. (2018). Analisis Data Kualitatif. Alhadarah Ilmu Dakwah. 17(33). 1412-9515. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/view/2374
Tafonao, Talizaro. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2(2). 2549-1725. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/113/101
Umam, M. K. (2018).Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Peserta Didik. Al-Hikmah. 6(2). 62-76. file:///C:/Users/Personalize/Downloads/74-145-1-SM%20(2).pdf
Wibowo, Purwo A., dan Gesi M. D. P. (2021). Konsep Dasar Matematika. Jepara: UNISNU Press.
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development. 8(2). 2614-6061. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1758/889
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Nurfadilla Yustina Putri, Syamsul Ghufron, Sri Susiana Mujiati, Mariyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.