Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Materi Pecahan menggunakan Media Pembelajaran Goe di SDN Banyu Urip III/364 Surabaya
Keywords:
penelitian tindakan kelas, hasil belajar siswa, media digitalAbstract
Penelitian berikut bertujuan dalam meningkatkan kemampuan pada mata pelajaran matematika
materi pecahan siswa SDN Banyu Urip III/364 IV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini berjumlah 31 siswa. Analisis data dalam
penelitian ini dikumpulkan melalui kegiatan unjuk kerja, lembar observasi dan tes. Pada kegiatan pra siklus
siswa mempunyai rata-rata kompetensi sebesar 41%. Setelah dilakukan tindakan siklus I rata-rata
kapasitasnya sebesar 68%. Pada siklus II rata-rata kemampuan siswa meningkat lagi menjadi 100%. Siswa
kelas 4 SDN Banyu Urip III/364 menunjukkan peningkatan kemampuan matematika sebesar 59% dari
siklus sebelumnya ke siklus II, sehingga pembelajaran berhasil.
References
Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S., & dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Djaramah, S. B. (2022). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Madya, S. (1994). Panduan Penelitian Tindakan. Yogyakarta : Lembaga Penelitian IKIP - Yogyakarta.
Mustakim, B., & Astuti, A. (n.d.). Buku Paket Mata Pelajaran Matematika Untuk SD Kelas IV. Departemen Pendidikan Nasional.
Sagala, S. (2011). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfbeta.
Sardiman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Grafindo.
Suherman, & Sukajaya. (1990). Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung : Wijaya Kusuma.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Sonnif Arifien, Hadiyono, Syamsul Ghufron, Puguh Handoyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.