Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Materi Pecahan menggunakan Media Pembelajaran Goe di SDN Banyu Urip III/364 Surabaya

Authors

  • Muhammad Sonnif Arifien Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Hadiyono Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Syamsul Ghufron Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Puguh Handoyo Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

penelitian tindakan kelas, hasil belajar siswa, media digital

Abstract

Penelitian berikut bertujuan dalam meningkatkan kemampuan pada mata pelajaran matematika
materi pecahan siswa SDN Banyu Urip III/364 IV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini berjumlah 31 siswa. Analisis data dalam
penelitian ini dikumpulkan melalui kegiatan unjuk kerja, lembar observasi dan tes. Pada kegiatan pra siklus
siswa mempunyai rata-rata kompetensi sebesar 41%. Setelah dilakukan tindakan siklus I rata-rata
kapasitasnya sebesar 68%. Pada siklus II rata-rata kemampuan siswa meningkat lagi menjadi 100%. Siswa
kelas 4 SDN Banyu Urip III/364 menunjukkan peningkatan kemampuan matematika sebesar 59% dari
siklus sebelumnya ke siklus II, sehingga pembelajaran berhasil.

References

Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S., & dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Djaramah, S. B. (2022). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Madya, S. (1994). Panduan Penelitian Tindakan. Yogyakarta : Lembaga Penelitian IKIP - Yogyakarta.

Mustakim, B., & Astuti, A. (n.d.). Buku Paket Mata Pelajaran Matematika Untuk SD Kelas IV. Departemen Pendidikan Nasional.

Sagala, S. (2011). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfbeta.

Sardiman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Grafindo.

Suherman, & Sukajaya. (1990). Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung : Wijaya Kusuma.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Muhammad Sonnif Arifien, Hadiyono, Ghufron, S., & Handoyo, P. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Materi Pecahan menggunakan Media Pembelajaran Goe di SDN Banyu Urip III/364 Surabaya. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 179–184. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1211

Most read articles by the same author(s)