Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bagian Tumbuh Tumbuhan di Kelas 4 SDN Banyu Urip III/364 Surabaya

Authors

  • Afran Dicky Triwibowo Afran Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Hadiyono Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Syamsul Ghufron Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Puguh Handoyo SDN Banyu Urip III/364

Keywords:

Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, pembelajaran IPAS

Abstract

Capaian hasil belajar siswa kelas IV F dalam pembelajaran IPAS sangat rendah, yang ditunjukkan dengan
banyaknya siswa yang belum mampu mencapai batas minimal (KKM). Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan
oleh proses pembelajaran yang belum mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah
meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS melalui penerapan model pembelajaran problem-based learning
siswa kelas IV SDN Banyu Urip III/364 Surabaya semester I Tahun 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah odel spiral dari Kemmis, S dan Mc Taggart, R dengan
menggunakan 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni (1) Perencanaan tindakan, (2)
pelaksanaantindakandan pengamatan dan (3) refleksi. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN Banyu Urip
III/364 Surabaya Semester I Tahun Pelajaran 2023/2024 sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik
tes (tes formatif) dan non tes (observasi). Adapun Instrumen penelitian menggunakan butir-butir soal dan lembar
observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif komparatif yaitu perbandingan antar
siklus menggunakan persentase ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN Banyu Urip III/364 Surabaya dengan materi tumbuhan dan fungsinya setelah
menggunakan model Problem Based Learning. hal ini nampak pada perbandingan ketuntasan hasil belajar siswa pada
kondisi pra-siklus sebesar 10.0%, pada siklus I meningkat menjadi 40.0% dan pada siklus II meningkat menjadi 83.3%
dengan Kriteria Ketuntasan (KKM=82). Hasil penelitian ini disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran IPAS di
SD terutama dalam menggunakan model Problem Based Learnin.

References

Andriani, R. and Rasto, R. (2019) ‘Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa’, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), pp. 80–86.

Ariyani, B. and Kristin, F. (2021) ‘Model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD’, Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), pp. 353–361.

Daniah, D. (2020) ‘Pentingnya inkuiri ilmiah pada praktikum dalam pembelajaran IPA untuk peningkatan literasi sains mahasiswa’, Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1).

Esema, D., Susari, E. and Kurniawan, D. (2012) ‘Problem-Based Learning’, Satya Widya, 28(2), pp. 167–174.

Lestari, D. D., Ansori, I. and Karyadi, B. (2017) ‘Penerapan model pbm untuk meningkatkan kinerja dan kemampuan berpikir kritis siswa SMA’, Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), pp. 45–53.

Meilasari, S. and Yelianti, U. (2020) ‘Kajian model pembelajaran problem based learning (pbl) dalam pembelajaran di sekolah’, BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 3(2), pp. 195–207.

Odell, M. R. L., Kennedy, T. J. and Stocks, E. (2019) ‘The impact of PBL as a STEM school reform model’, Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 13(2).

Prasetyanti, N. M., Sari, D. N. and Sajidan, S. (2016) ‘Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan proses berpikir kognitif siswa kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016’, Inkuiri, 5(2), pp. 1–7.

Pratama, E. and Meilani, R. I. (2019) ‘Motivasi dan hasil belajar: sebuah studi pada siswa mata pelajaran kearsipan di smk’, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), pp. 56–66.

Pratiwi, V. D. and Wuryandani, W. (2020) ‘Effect of problem based learning (PBL) models on motivation and learning outcomes in learning civic education’, JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(3), pp. 401–412.

Rahmadani, R. (2019) ‘Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnig (Pbl)’, Lantanida Journal, 7(1), pp. 75–86.

Shofiyah, N. and Wulandari, F. E. (2018) ‘Model problem based learning (PBL) dalam melatih scientific reasoning siswa’, Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), pp. 33–38.

Simanjuntak, M. P. et al. (2021) ‘Effectiveness of Problem-Based Learning Combined with Computer Simulation on Students’ Problem-Solving and Creative Thinking Skills.’, International Journal of Instruction, 14(3), pp. 519–534.

Taofik, A. (2020) ‘Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia’, Indonesian Journal of Adult and Community Education, 2(2), pp. 1–9.

Wijnen, M. et al. (2018) ‘Is problem-based learning associated with students’ motivation? A quantitative and qualitative study’, Learning Environments Research, 21, pp. 173–193.

Yuyun, I. W. (2018) ‘Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran IPA Kelas 4 MI Nurur Rohmah Tentang Energi Panas’, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Afran, A. D. T., Hadiyono, Ghufron, S. ., & Handoyo, P. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bagian Tumbuh Tumbuhan di Kelas 4 SDN Banyu Urip III/364 Surabaya. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 171–178. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1170

Most read articles by the same author(s)