Penggunaan Media Pembelajaran Rupatali untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SDN Banyu Urip III

Authors

  • Auliau Rachman Zaman Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Syamsul Ghufron Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Puguh Handoyo SDN Banyu Urip III/364 Surabaya
  • Hadiyono SDN Banyu Urip III/364 Surabaya

Keywords:

hasil belajar, media pembelajaran , IPS

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya keterlibatan dan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS. Hal ini dikarenakan guru belum mengoptimalkan dalam pengemasan pembelajaran yang
menarik sehingga peserta didik kurang memahami materi yang diajarkan. Solusi yang dapat dilakukan
oleh guru yaitu penggunaan media pembelajaran RUPATALI. Tujuan penelitian ini diamksudkan untuk
meningkatakan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan
kelas (PTK). Terdapat empat tahapan yang dilakukan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Banyu Urip III/364 Surabaya dengan total
siswa 32 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan selama penelitian adalah observasi dan tes.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus. Keberhasilan penelitian didapatkan melalui
hasil tes evaluasi yang dilakukan pada akhir pembelajaran dan observasi selama pembelajaran. Pada
penelitian ini jika peserta didik dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu ≥ 82 sebesar
80%. Hasil belajar yang diperoleh peserta didik pada siklus I mendapatkan ketuntasan peserta didik yang
mencapai KKM sejumlah 20 peserta didik dengan presentase 62,5%. Pada siklus II mengalami
peningkatan ketuntasan siswa yang mencapai KKM sejumlah 28 siswa dan hasil presentasenya mencapai
87,5%. Sementara untuk aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan nilai dengan pesentase 67.19% dan
mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 92.19%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan
bahwa penggunaan media pembelajaran RUPATALI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa
kelas V mata pelajaran IPS dan aktivitas siswa

References

Aqib, Z. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Jack, C. (2019). Enhancing The Use of Educational Technology In The Early Years. Conference Proceedings Durham University, 83-94.

Miranda, B. F. (2019). Computer-Aided Learning System For San Jose Elementary School G.M.A., Cavite. International Journal of Advanced Research In Computer Science, Vol. 10(1): 5-8.

Soyomukti, N. (2013). Teori-Teori Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, S. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas IX TBSM SMKN 3 Solok Selatan. JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1 (3): 345-352.

Tsuraya, E. (2019). Pengembangan Media Interaktif RUPATALI Berbasis Flash Materi Keragaman Budaya Indonesia Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah dasar, 7 (4).

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Zaman, A. R., Ghufron, S., Handoyo, P., & Hadiyono. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Rupatali untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SDN Banyu Urip III. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 307–314. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1208

Most read articles by the same author(s)