Penggunaan Media Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Pembelajaran IPS, power point, Hasil belajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji hasil belajar siswa. Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dan lokasi penelitian ini adalah siswa SDN Morokrembangan 1 Surabaya yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari tes hasil belajar siswa.Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan selama tiga siklus dengan masing-masing prosentase ketuntasan. Pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 33,3% dan pada siklus ke II ketutasan klasikal mencapai 72,3% serta pada siklus III ketuntasan klasik mencapai 86,7% atau terjadi kenaikan sebesar 53,4%. Dengan rata-rata kelas pada siklus I 65,4 dan meningkat sebesar 6,9 poin menjadi 72,3 pada siklus ke II. Serta mengalami kenaikan 7,9 menjadi 80,2 pada siklus III
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Diantari, Ni Luh, Made Putra, I.G.A Agung Sri Asri. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning) Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 2 Tibubeneng Kuta Utara-Badung. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014)
Elpira, Nira. Anik Gufron. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Volume 2 , No 1, April 2015 (94-104)
Iriawan, Sandi Budi. 2019. Pembelajaran di SD Berbasis TIK. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kemendikbud. (2018). Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Pasal 2A ayat 1 Tentang Integrasi TIK dalam Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Kemendikbud