Implementasi pembelajaran berdiferensiasi sebgai upaya meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Nisrina Wian Candra Universitas Nahdatul Ulama Surabaya
  • Binti Sari Dewi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

pembelajaran berdiferensiasi, problem based learning, kemampuan menulis narasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi
menggunakan model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas IV SD Negeri Babatan 1/ 456
Surabaya. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya keterampilan menulis karangan narasi siswa.
Jenispenelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelituan adalah siswa kelas IV
SD Negeri Babatan 1/ 456 Surabaya yamg berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes
menulism karangan dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskri[tif kuantitatif
data hasil menulis karangan narasi siswa. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa ketrampilan menulis
siswa mengalami peningkatan melalui pengaplikasian pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan
model pembelajaran problem based learning. Hasil observasi juga memperlihatkan bahwa siswa lebih

berantusiasi dan memiliki minat yamng lebih tinggi dalam memngikuti kegiatan pembelajaran. Nilai rata-
rata juga mengalami peningkatan dari 60.58 pada pra-tindakan menjadi 75,77 pada siklus II. Persentase

siswa yang sudah mencapai KKM pada ketrampilan menulis narasi juga meningkat 11.% pada pra tindakan
dan menjadi 95% pada siklus II.

References

Ahmad Rofi’uddin dan Darmiyati Zuhdi. (1999). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Depdikbud.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Atik Siti Maryam. (2021). Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta:Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Burhan Nurgiyantoro. (2001). Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BMFE.

Burhan Nurgiyantoro. (2005). Sastra Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Faiz, Aiman, dkk. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853. Riau: Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Herwina, Wiwin. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182. Jakarta: Universitas Jakarta.

Made, Risa Kusadi Ni. (2022). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Model Vak Dengan Multimoda Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa. Majalah Ilmiah Universitas Tabanan, 19(1), 55-60. Bali: Universitas Tabanan.

Suyadi. (2013). Srtategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Nisrina Wian Candra, & Sari Dewi, B. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi sebgai upaya meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 86–90. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1113