Penanaman Nilai Pancasila sebagai Identitas Manusia Indonesia di SDN Siwalankerto II Surabaya

Authors

  • Hidayatul Nurfadlilah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

Kebhinekaan, Pancasila, Identitas manusia Indonesia

Abstract

Nilai dalam Pancasila harus ditanamkan oleh masyarakat Indonesia kepada generasi penerus bangsa sejak dini. Hal itu dapat membantu terwujudnya identitas manusia Indonesia yang terkenal dengan jiwa toleransi yang tinggi dibandingkan negara yang lain. Pendidikan menjadi salah satu media yang strategis dalam penanaman nilai yang ada dalam Pancasila pada generasi penerus bangsa. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah mengamati penanaman nilai Pancasila yang ada di SDN Siwalankerto II Surabaya sebagai bentuk penguatan identitas manusia Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil yang didapat dari penelitian menunjukkan bahwa SDN Siwalankerto II Surabaya memiliki berbagai macam keberagaman, seperti latar belakang orang tua, budaya, suku, agama, tingkat kecerdasan, bakat minat dan sebagainya. Aktivitas di SDN Siwalankerto II Surabaya juga menggunakan konsep Profil Pelajar Pancasila yang saat ini diterapkan pada kurikulum Merdeka. SDN Siwalankerto II Surabaya sudah menanamkan nilai yang sesuai dengan konsep Profil Pelajar Pancasila dan memuat penanaman pada nilai Pancasila.

References

Antari, L. P. S., & De Liska, L. (2020). Implementasi Nilai Nilai Pancasila Dalam Penguatan Karakter Bangsa. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 21(2), 676–687.

Asep Kurniawan, (2018) Metodologi Penelitian Pendidikan. Remaja Rosda Karya, Bandung. ISBN 978-602-446-295-6

Bagus, Ida. 2016. Teknik Wawancara dan Observasi untuk Pengumpulan Bahan Informasi. Bali: UDAYANA.

Hendrizal, H. (2020). Mengulas Identitas Nasional Bangsa Indonesia Terkini. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 15(1), 1-21.

Islami, D. N., Setiady, I. N., Lahagu, M., & Rachman, T. (2021). Implementasi Nilai Pancasila Dalam Pendidikan. Prosiding EMAS: Ekonomi Manajemen Akuntansi Kewirausahaan, 1(1), 293-302.

Salim, F. P., & Nora, D. (2022). Dampak Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sistem Zonasi (Studi Kasus: Penerimaan Peserta Didik Baru Sekolah Dasar di Kecamatan Matur). Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(1), 67-77.

Siyoto, Sandu dan Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Seleman: Literasi Media Publishing.

Suharsimi, A. (2006). metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Hidayatul Nurfadlilah. (2023). Penanaman Nilai Pancasila sebagai Identitas Manusia Indonesia di SDN Siwalankerto II Surabaya. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 44–49. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1152