Analisis Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Praktik Baik Kurikulum Merdeka

Authors

  • Erlinda Widyatna Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

pembelajaran berbasis proyek, praktik baik, kurikulum merdeka

Abstract

Penelitian ini merupakan studi literatur berpendekatan kualitatif deskriptif dengan kajian kepustakaan yang menggambarkan fenomena yang berlangsung saat ini atau di masa lampau. Studi literatur ini menggunakan berbagai sumber tertulis seperti artikel, jurnal, dan dokumen-dokumen yang relevan. Artikel ini berfokus pada penerapan pembelajaran berbasis proyek yang ada di sekolah dasar sebagai bentuk praktik baik implementasi kurikulum merdeka. Hasil studi menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek sangat tepat dilaksanakan sebagai bentuk praktik baik pada Kurikulum Merdeka karena memberikan pengalaman sekaligus pembelajaran bagi peserta didik untuk mengenal lingkungannya sehingga dapat mengembangkan soft skill peserta didik yang ditunjukkan oleh dua contoh sekolah yang berhasil menerapkan pembelajaran berbasis proyek sebagai praktik baik Kurikulum Merdeka yaitu UPT SDN 40 Gresik dan UPT SDN 47 Gresik. Hasil penelitian dari kedua sekolah tersebut menunjukkan bahwa adanya perubahan dalam minat belajar, karakter, dan aktivitas peserta didik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Selain itu, respon positif dari lingkungan sekolah dan luar sekolah menjadi salah satu faktor keberhasilan kegiatan projek yang dilaksanakan. Seluruh elemen dalam ketercapaian projek dapat terlaksana dengan baik sehingga menghasilkan kegiatan pembelajaran yang memerdekakan sekaligus bermakna bagi peserta didik.

References

Amalia, S. S., & Alfiansyah, I. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 5(2), 239.

Anggelia, D., Puspitasari, I., & Arifin, S. (2022). Penerapan Model Project-based Learning ditinjau dari Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 398–408. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).11377

Darmawan, I. P. A., Arifudin, O., Renaldi, R., Rianita, N. M., Octavianus, S., Candra, L., Sri Lestari, A., Satmoko, N. D., Muniarty, P., Saputro, A. N. C., Manik, E., & Kusumastuti, D. (2021). Total Quality Management dalam Dunia Pendidikan (Model, Teknik dan Implementasi) (A. Masruroh, Ed.). Widina Bhakti Persada. www.penerbitwidina.com

Ilmiah, N., & Marzuki, I. (2023). Analisis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Meningkatkan Jiwa Wirausahawan Pada Peserta Didik Fase B UPT SD Negeri 40 Gresik. Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 20(3). https://doi.org/10.53515/qodiri

Indriajati, R., & Ngazizah, N. (2018). Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kreativitas dan Pemahaman Siswa SD Muhammadiyah Purworejo 1. Jurnal Dialektika PGSD, 8(2), 11.

Kemdikbud. (2023). Kurikulum Merdeka. Sistem Informasi Kurikulum Nasional, Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/

Kusumawardani, N. N., & Istianah, F. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Materi Sumber Daya Alam. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4), 567–576.

Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Sains Dan Teknologi, 9(3), 2022–2687. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576

Martati, B. (2022). Penerapan Project Based Learning dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Conference of Elementary Studies. https://ditpsd.kemdikbud.go.id

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727

Oktaya, I., & Panggabean, E. M. (2022). Ketepatan dan Efektivitas Penggunaan Teori Belajar dalam Pembelajaran Matematika dengan Model Project Based Learning pada Kurikulum Merdeka Belajar. 1(1), 10–14.

Rodliyatin, S., Subiki, & Harijanto, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar terhadap Hasil dan Aktivitas Belajar Fisika Siswa (Studi pada Materi Fluida di SMK Negeri 2 Jember). Jurnal Pembelajaran Fisika, 5, 404–411. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/4437

Suryani, E. (2017). Best Practice: Pembelajaran Inovasi Melalui Model Project Based Learning. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=IZiFDwAAQBAJ&lpg=PP6&ots=KounkSUp4a&dq=manfaat%20best%20practice&lr&pg=PP5#v=onepage&q=manfaat%20best%20practice&f=false

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Widyatna, E. (2023). Analisis Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Praktik Baik Kurikulum Merdeka. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 359–364. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1100