Pancasila Sebagai Fondasi Pendidikan Indonesia dan Relevansinya dengan Kurikulum Merdeka
Keywords:
Pancasila, fondasi pendidikan, kurikulum merdekaAbstract
Pancasila, sebagai dasar negara Indonesia, memiliki peran penting dalam membentuk identitas bangsa dan mengarahkan pembangunan nasional. Dalam konteks pendidikan, Pancasila memiliki potensi besar untuk menjadi fondasi yang kuat dalam membentuk karakter generasi muda dan membangun masyarakat yang berbudaya, demokratis, dan berkeadilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Pancasila sebagai fondasi pendidikan Indonesia dan implementasinya melalui kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan content analisys (analisis isi) dengan metode kajian studi pustaka melibatkan studi literatur dan analisis dokumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa Pancasila sebagai dasar negara juga sebagai filsafah pendidikan Indonesia karena mengandung nilai-nilai karakter, moral dan budaya. Dalam konteks implementasi, kurikulum Merdeka dipandang sebagai model pendidikan yang memungkinkan pengembangan karakter siswa berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Implementasi Pancasila melalui kurikulum Merdeka dapat dilakukan melalui beberapa strategi. Pertama, pengembangan kurikulum yang menekankan pembelajaran yang inklusif dan berpusat pada peserta didik, penggunaan metode pembelajaran yang interaktif dan partisipatif, pelibatan komunitas dan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar yang beragam, yang mendorong siswa untuk mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang nilai-nilai Pancasila melalui pengalaman nyata. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang peran Pancasila sebagai fondasi pendidikan Indonesia dan pentingnya implementasi nilai-nilai Pancasila melalui kurikulum Merdeka. Penelitian ini juga memberikan dasar bagi pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih holistik dan mencakup aspek karakter dan nilai-nilai dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, diharapkan generasi muda Indonesia dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, sehingga mampu membangun masyarakat yang harmonis dan berkeadilan.
References
Kusumawati, Eny. (2022) Sosialisasi Kurikulum
Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Jenjang Sekolah Dasardi SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3(4), pp. 886-893
Faiz, A. & Faridah (2022) Program Guru Penggerak
Sebagai Sumber Belajar Aiman, Konstruktivisme, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(1), pp. 82–88.
Gunawan, I. & Wahyudi A. V. (2020). Fungsi
Filsafat Pancasila Dalam Ilmu Pendidikan di Indonesia: Jurnal Diklat keagamaan. 17 (2). 209-218.
Kahfi, Ashabul. (2022). Implementasi Profil Pelajar
Pancasila dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah: Dirasah Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar. 138-151
Kompasiana.com. Reni Aprilia. Pancasila : Fondasi
Pendidikan Indonesia. Dikutip pada tanggal 9 Januari 2023 melalui
Nahdiyah, U., Arifin, I., Juharyanto. (2022).
Pendidikan Profil Pelajar Pancasila Ditinjau dari Konsep Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Manejemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Dasar (DIKDAS).
Wikan et al. (2022). Implementasi Kebijakan
Merdeka Belajar Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Wacana Akademika Majalah Ilmiah Kependidikan. 6 (3), 285-294,
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Himmatul Maulida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.