Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila sebagai Fondasi Pendidikan Indonesia untuk Menghadapi Tantangan Abad 21

Authors

  • Rindiana Hanif Larasati Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

Pancasila, Foundation, Education, 21st Century

Abstract

Implementasi nilai-nilai Pancasila sebagai fondasi pendidikan indonesia untuk menghadapi tantangan abad 21 sebagai salah satu solusi yang memungkinkan untuk merubah pola berfikir masyarakat Indonesia dalam menghadapi masa depan terutama pada kalangan Pendidikan. Metode studi pustaka menjadi pilihan dalam penelitian ini. Pendidikan di Indonesia perlu memperbarui kinerjanya agar dapat menghadapi tantangan abad 21. Implementasi nilai-nilai Pancasila sebagai fondasi pendidikan menjadi krusial dalam upaya ini, mengingat Pancasila terdiri dari lima nilai penting yang melekat pada diri bangsa Indonesia. Pemupukan nilai-nilai Pancasila pada peserta didik melalui upaya sekolah, termasuk upacara bendera dan kegiatan belajar mengajar, harus terus dilakukan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan karakter peserta didik. Pancasila sebagai filsafat pendidikan nasional juga berperan dalam mempersiapkan peserta didik untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan bersaing secara global. Lebih jauh lagi, pendidikan karakter yang berbasis nilai-nilai Pancasila penting dalam menjawab tantangan abad 21.

References

Daryanto & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Mestika Zed. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Noor Syam, Moh. (1986). Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Kependidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional. Pertiwi, A. D., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai Pancasila sebagai Landasan Bhinneka Tunggal Ika. Jurnal

Kewarganegaraan, 5(1), 212–221.

Santrock, J.W. (2003). Life- Span Development. Perkembangan Masa Hidup. Edisi Kelima. Jilid 2. (Damanik, J., dan Chusairi, A). Jakarta: Erlangga.

Soeprapto. (2016). Implementasi Pancasila Dalam Kehidupan Ber Masyarakat Berbangsa Dan Bernegara. Jurnal Ketahanan Nasional, 10(2), 7–14, from https://jurnal.ugm.ac.id/jkn/article/view/22980/15236

Sutrisno, Slamet. (2006). Filsafat dan Ideologi Pancasila. Yogyakarta: ANDI.

Widiatama, W., Mahmud, H., & Suparwi, S. (2020). Ideologi Pancasila Sebagai Dasar Membangun Negara Hukum Indonesia. Jurnal USM Law Review, 3(2), 310–327.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Larasati, R. H. (2023). Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila sebagai Fondasi Pendidikan Indonesia untuk Menghadapi Tantangan Abad 21. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 8–13. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1034