Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar melaluı Model Project Based Learnıng Berbantuan Medıa CAI
Keywords:
PjBL, Media CAI, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasıl belajar sıswa sekolah dasar melaluı model project based learnıng berbantuan medıa CAI. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui keberhasilan tidaknya tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini yakni kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian peningkatan hasil belajar Peserta didik sekolah dasar melalui project based learning berbantuan media CAI memiliki dampak positif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar Peserta didik. Hal tersebut. Hal tersebut diperoleh dari hasil penelitian yang dilakukan. Hal tersebut dapat terlihat dari peningkatan hasil belajar Peserta didik mulai dari prasiklus yang dilakukan telah memperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 61%. Pada siklus I terdapat peningkatan hasil belajar Peserta didik menjadi 75%, dan pada siklus II semakin meningkat menjadi 83%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu setelah dilakukan penerapan model project based learning berbantuan media CAI, peserta didik kelas V SDN Jemundo 1 mengalami peningkatan hasil belajar kognitif materi Keberagaman sosial budaya masyarakat. Sebagai penelitian lebih lanjut, dapat menerapan model PjBL disegala jenjang sekolah dasar baik kelas rendah dan kelas tinggi, serta dapat memanfaatkan media CAI dan mengembangkannya menjadi media pembelajaran yang dapat di terapkan di mata pelajaran yang lain.
References
Abdillah, dkk. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Penerapannya. Indramayu: Adab.
Alifah, Siti, (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia untuk mengejar ketertinggalan dari negara lain. Cermin: Jurnal Penelitian Volume 5, Nomor 1, juli 2021 E-ISSn 2615-3238. (https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968 diakses 14 mei 2023)
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fitriyah, A. & Ramadani, S.D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasıs PjBL (Project-Based Learnıng) Terhadap Keterampılan Berpıkır Kreatıf Dan Berpıkır Krıtıs. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 10(1), pp. 209-226. (doi: 10.24252/ip.v10i1.17642. diakses 14 mei 2023)
Hufiyanto, A. (2019). Penggunaan Media CAI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Pada Kelas V SDN Kebaron Sidoarjo. JPGSD. Volume 7 Nomor 5 Tahun 2019. (https://ejournal.unesa.ac.id/ diakses 14 mei 2023)
Irfana, dkk. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Project Based Learnıng (PjBL) Dalam Menıngkatkan Mınat Dan Hasıl Belajar Sıswa Dı Sekolah Dasar. Journal of Professional Elementary Education (JPEE) (https://doi.org/10.46306/jpee.v1i1 diakses 14 mei 2023)
Ismail, M. Ilyas. (2020). Teknologi Pembelajaran sebagai Media Pembelajaran. Makasar: Cendekia Publisher.
Maemunawati, Siti dan Muhammad Alif. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode, dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Serang: 3M Media Karya Serang.
Nugraha, dkk (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Peserta didik Sekolah Dasar. Pinisi Journal of Education vol. 1 No. 2, 2021 ISSN 2747-268X. (https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/25908/13090 diakses 14 mei 2023)
Parnawi, Afi. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Deepublish.
Rifa’i, dkk. (2022). Model pembelajaran Kreatif, Inspiratif, dan Motivatif. Cirebon: Yayasan Wiyata Bestari Samasta.
Widoyoningrum, dkk. (2019). Medıa Pembelajaran Berbasıs CAI (Computer Assıted Instructıon) Pada Mata Pelajaran Ppkn Sekolah Dasar. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Volume 3 Nomor 6 November 2019 | ISSN Cetak : 2580 - 8435 | ISSN Online : 2614 – 1337 (http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i6.787 diakses 14 mei 2023)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Nidya Amalia Arifin, Afib Rulyansah, Lauhil Mahfuzh Isman, Fatchur Rozi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.