Penggunaan Media Teka-Teki Silang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Gaya Kelas IV SD

Authors

  • Verina Meydia Indriani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Afib Rulyansah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Puput Widowati UPT SD Negeri 238 Gresik
  • Sukimin UPT SD Negeri 238 Gresik

Keywords:

Hasil Belajar IPA, Media Pembelajaran, Teka-teki Silang

Abstract

Belum maksimalnya penggunaan media pembelajaran oleh guru disertai minimnya inovasi  terutama dalam muatan pembelajaran IPA berdampak pada terjadinya penurunan minat dan hasil belajar siswa. Mengacu pada hasil observasi di Kelas IV UPT SD Negeri 238 Gresik, siswa memiliki hasil belajar rendah pada muatan IPA. Penelitian ini ditujukan guna memacu taraf hasil belajar siswa dengan penggunaan media pembelajaran teka-teki silang pada muatan pembelajaran IPA materi gaya. Jenis dari penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memanfaatkan teknik observasi dan tes. Presentase ketuntasan hasil belajar sebelum tindakan sebesar 44%, kemudian setelah mendapatkan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan sejumlah 71%, selanjutnya pada siklus dua persentase keberhasilannya meraih angka 88%. Merujuk pada hasil belajar pada siklus I dan II, bisa ditarik kesimpulan bila pemakaian media pembelajaran teka-teki silang dalam muatan pembelajaran IPA materi gaya secara efektif menaikkan taraf hasil belajar siswa, sehingga PTK yang dilangsungkan dapat dikatakan berhasil.

References

Nazhiroh, S. A., Jazeri, M., & Maunah, B. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif E-Komik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, (Online), 6(3), 405–411. (https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.193, diakses 13 Mei 2023).

Riyanto, E., Wibowo, T., Purwoko, R. Y., & Purwaningsih, W. I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Sekolah Dasar Berbasis Etnomatematika Dengan Setting Candi Borobudur. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM), (Online), 2(1), 1–9. (https://doi.org/10.37729/jipm.v2i1, diakses 13 Mei 2023).

Prayoga, T., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD. Jurnal Mimbar Ilmu, (Online), 27(1), 99–108. (https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777, diakses 13 Mei 2023).

Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Persepektif Manajemen Pendidikan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Depdiknas. (2008). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tuntas (MasteryLearning). Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Pembinaan Sekolah.

Aqib, Zainal, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Hiasa, F., Youpika, F., & Yanti, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Sastra Melayu Klasik Berbasis Android. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, (Online), 5(2), (421–436. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i2.322, diakses 14 Mei 2023).

Arikunto, S., (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara. Astiti.

Nurdyansyah., (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Jawa Timur: UMSIDA Press.

Siberman, Melvin. (2014). Active Learning. 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Pratiwi, K. S. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Teka-teki Silang Interaktif dalam Meningkatan Hasil Belajar Siswa pada Muatan Pembelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, (Online), 5(3), 563–578. (https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.54607, diakses 14 Mei 2023).

Erviana, V. Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang “Keberagaman Kebudayaan Indonesia” Muatan Pelajaran IPS bagi Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Proceedings Series on Social Sciences &Amp; Humanities, (Online), 3, 190–196. (https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.377, diakses 14 Mei 2023).

Rıyanı, Fa., Zaman, W.I., & Kurnıa, I. (2022) Pengembangan Medıa Pembelajaran Teka Tekı Sılang Materı Alat Gerak Dan Fungsınya Pada Hewan untuk Sıswa Kelas V Sekolah Dasar. Thesis tidak diterbitkan. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Indriani, V. M., Rulyansah, A., Widowati, P., & Sukimin. (2023). Penggunaan Media Teka-Teki Silang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Gaya Kelas IV SD. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 513–518. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1124

Most read articles by the same author(s)