Model PBL Berbantuan Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi

Authors

  • Dwi Ernawati Indah Pusfita Sari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Afib Rulyansah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Lauhil Mahfuzh Isman SDN Jemundo 1- Sidoarjo
  • Fatchur Rozi SDN Jemundo 1- Sidoarjo

Keywords:

Keterampilan Menulis, Model Problem Based Learning, Teks Eksplanasi

Abstract

Pengembangan bagian muatan Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 dengan pendekatan pembelajaran berbasis teks, khususnya dalam pengembangan keterampilan menulis, memiliki peran penting dalam perkembangan akademik dan pribadi peserta didik. Keterampilan menulis meliputi kemampuan menyampaikan ide dengan jelas, berpikir kritis, dan menganalisis informasi. Hasil observasi terhadap peserta didik di SDN Jemundo 1 menunjukkan bahwa mereka mengalami kesulitan dalam memahami teks bacaan dan menulis teks eksplanasi. Metode pembelajaran yang digunakan saat ini terbatas pada ceramah dan tanya jawab, tanpa memanfaatkan media pembelajaran yang relevan. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dengan menggunakan media gambar berseri menjadi solusi yang efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi peserta didik. Penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif dilakukan di SDN Jemundo 1 Taman Kabupaten Sidoarjo menggunakan model PTK Kemmis & McTaggart yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 34 peserta didik kelas V. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan mencapai nilai minimal 75 sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam menyusun teks eksplanasi. Dalam penelitian ini, model PBL dengan bantuan media gambar berseri digunakan dalam dua siklus pembelajaran. Tahap-tahap model PBL yang meliputi orientasi terhadap masalah, mengorganisasikan pembelajaran, kegiatan penyelidikan, pengembangan hasil karya, dan analisis penyelesaian masalah telah diterapkan dengan baik oleh guru. Hasil pra siklus 7 dari 34 peserta didik yang memenuhi kriteria Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada siklus 1 naik menjadi 21 peserta didik dari 34 dan pada siklus 2 naik menjadi 30 dari 34 peserta didik.

References

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono (2021) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas Iv Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193.(online) ( https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331) Diakses 14 Mei 2023

Darmuki, Agus. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video Di Youtube Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, Vol 6(2),655-661 (online) (https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/68 ), dikases 13 Mei 2023

Farhana, H., & Awiria, A. (2019). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Harapan Cerdas

Fitrah, M. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Segiempat Siswa Smp. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51. (online) https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no1.2017pp51-70. Diakses 14 Mei 2023

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. (online) https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633. Diakses pada 14 Mei 2023

Hizati, Amirah (2018) Pengaruh Model Problem Based Learnıng Berbantuan Medıa Gambar Berserı Terhadap Keterampılan Menulıs Teks Eksplanası Sıswa Kelas VIII SMP Negerı 12 Padang, (online), Vol 7, No 1 (https://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/9560/7061, diakses 12 Mei 2023

Junaedah (2020) Penerapan Model Problem Based Learnınguntukmenıngkatkan Hasıl Belajar Sıswa Pada Pembelajaran Materı Sıstem Tata Surya, (online) (https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/694/351) diakses 14 Mei 2023

Lestari, N. C., Hidayah, Y., & Zannah, F. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Permainan Edukatif Terhadap Hasil Belajar IPA di SDN Sungai Miai 7 Banjarmasin. Journal on Education, 5(3), 7095-7103, (online) (https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1497) diakses pada 14 Mei 2023

Magfirah (2023) Menıngkatkan Hasıl Belajar Matematıka Pada Materı Satuan Panjang, Berat dan Waktu Melaluı Model Pembelajaran Problem Based Learnıng dı Kelas III SDN Cındaı Alus 1 Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar, (online) Vol 7, No 01 (http://ojs.iai-darussalam.ac.id/index.php/tarbiyahdrs/article/view/312) diakses 12 Mei 2023

Pinastiti, G. S., Andayani, A., & Sumarwati, S. (2020). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Minat dan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi. BASASTRA Jurnal Bahasa Sastra dan Pengajarannya, 8(1), 100-108. (online) (http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1694499&val=4087&title=PENERAPAN%20PROBLEM%20BASED%20LEARNING%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20MINAT%20DAN%20KETERAMPILAN%20MENULIS%20TEKS%20EKSPLANASI) diakses 14 Mei 2023

Priyanasari, Fadila (2021) Peningkatan Ketelitian dan Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia dengan Model Pembelajaran PBL Secara Daring Siswa Kelas V SDN Cangkringan 1, (online), Vol.1, No. 6 (http://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/44/26) diakses 12 Mei 2023

Putri, Hervia Nanda. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learnıng Terhadap Keterampılan Menulıs Teks Eksplanası Sıswa Kelas VIII SMP Negerı 4 Solok Selatan, (online) (http://repository.unp.ac.id/23860/) diakses 14 Mei 2023

Rusman, R. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Studi Tentang Best Practice yang Dilakukan Guru Sekolah Dasar Dalam Perencanaan, Pelaksanaan, dan Penilaian Kurikulum 2013. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 135–150. (online) https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.166. Diakses 14 Mei 2023

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Sari, D. E. I. P., Rulyansah, A., Isman, L. M., & Rozi, F. (2023). Model PBL Berbantuan Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 427–432. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1193

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>