Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV UPT SD Negeri 238 Gresik Melalui Model Teams Games Tournament (TGT)

Authors

  • Nur Huda Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Afib Rulyansah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Puput Widowati UPT SDN 238 Gresik
  • Sukimin UPT SDN 238 Gresik

Keywords:

Teams Games Tournament, Motivasi Belajar, Peningkatan

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang laksanaan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV UPT SDN 238 Gresik. Melalui model Teams Games Tournament. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan model spiral selama dua siklus. Berdasarkan data yang diperoleh, ditemukan peningkatan motivasi belajar peserta didik. Hasil tersebut didasari oleh meningkatnya rata-rata skor motivasi belajar peserta didik. Peningkatan motivasi belajar peserta didik tertinggi terjadi pada siklus dua dengan presentase 88%. Data tersebut diperoleh dari angket yang diberikan pada peserta didik sebanyak 34 orang setelah proses pembelajaran yang kemudian dianalisis peneliti dengan teknik presentase yaitu membandingkan rata-rata skor yang dipeoleh tiap siklus. Hasil dari penelitian yang dilakukan ini bisa dijadikan referensi untuk diterapkan serta dikembangkan pada topik pelajaran dan pada tingkatan kelas lain.

References

Abdi, Husnul. (2023). Metode ceramah dalam pembelajaran, kenali kelebihan dan kekurangannya. Diambil dari https://www.liputan6.com/hot/read/5258372/metode-ceramah-dalam-pembelajaran-kenali-kelebihan-dan-kekurangannya.

Nurma Cahyani. (2019) . Peningkatan Motivasi Belajar IPS Melalui Model Tgt (Teams Games Tournament) Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 5 Tahun ke-8 2019 (https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/14939/14491) diakses 11 mei 2023.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sardiman, A. (2007). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Shoimin, A. (2014). 68 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Rusman, D., & Pd, M. (2012). Model-model pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Taniredja, T., dkk. (2011). Model-model pembelajaran inovatif. Bandung: Alfabeta

Yuliana, N., Wardani, N. S., & Prastyo, T. (2019). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Pembelajaran Inkuiri Teams Games Tournament. Journal of Education Action Research, vol 3, No.2, (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/17263) diakses 11 mei 2023.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Huda, N., Rulyansah, A., Widowati, P., & Sukimin. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV UPT SD Negeri 238 Gresik Melalui Model Teams Games Tournament (TGT). PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 473–478. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1141

Most read articles by the same author(s)