Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV UPT SD Negeri 238 Gresik Melalui Model Teams Games Tournament (TGT)
Keywords:
Teams Games Tournament, Motivasi Belajar, PeningkatanAbstract
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang laksanaan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV UPT SDN 238 Gresik. Melalui model Teams Games Tournament. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan model spiral selama dua siklus. Berdasarkan data yang diperoleh, ditemukan peningkatan motivasi belajar peserta didik. Hasil tersebut didasari oleh meningkatnya rata-rata skor motivasi belajar peserta didik. Peningkatan motivasi belajar peserta didik tertinggi terjadi pada siklus dua dengan presentase 88%. Data tersebut diperoleh dari angket yang diberikan pada peserta didik sebanyak 34 orang setelah proses pembelajaran yang kemudian dianalisis peneliti dengan teknik presentase yaitu membandingkan rata-rata skor yang dipeoleh tiap siklus. Hasil dari penelitian yang dilakukan ini bisa dijadikan referensi untuk diterapkan serta dikembangkan pada topik pelajaran dan pada tingkatan kelas lain.
References
Abdi, Husnul. (2023). Metode ceramah dalam pembelajaran, kenali kelebihan dan kekurangannya. Diambil dari https://www.liputan6.com/hot/read/5258372/metode-ceramah-dalam-pembelajaran-kenali-kelebihan-dan-kekurangannya.
Nurma Cahyani. (2019) . Peningkatan Motivasi Belajar IPS Melalui Model Tgt (Teams Games Tournament) Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 5 Tahun ke-8 2019 (https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/14939/14491) diakses 11 mei 2023.
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sardiman, A. (2007). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Shoimin, A. (2014). 68 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Rusman, D., & Pd, M. (2012). Model-model pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Taniredja, T., dkk. (2011). Model-model pembelajaran inovatif. Bandung: Alfabeta
Yuliana, N., Wardani, N. S., & Prastyo, T. (2019). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Pembelajaran Inkuiri Teams Games Tournament. Journal of Education Action Research, vol 3, No.2, (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/17263) diakses 11 mei 2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Nur Huda, Afib Rulyansah, Puput Widowati, Sukimin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.