Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Core pada Materi Siklus Air di SDN 23 Gresik

Authors

  • Eka Anggraeni K Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Afib Rulyansah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Titik Dwi Setyowati SDN 23 Gresik-Kedanyang
  • Puji Rahayu SDN 23 Gresik-Kedanyang

Keywords:

Hasil Belajar, Model Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE), Siklus Air

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas lima (5) sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan 42 subjek penelitian yang berasal dari peserta didik kelas 5A SDN 23 Gresik yang memiliki kemampuan heterogen. Data penelitian berasal dari hasil tes, dokumentasi serta wawancara dengan guru pamong. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya hasil belajar kelas 5A yang mengalami peningkatan setelah pengggunaan model Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) dalam pembelajaran dengan topik siklus air jika dibandingkan dengan pembelajaran yang biasa dilakukan. Hal tersebut terbukti dari hasil pra siklus peserta didik memiliki presentasi ketuntasan 52% dengan 22 peserta didik tuntas, pada siklus pertama presentase ketuntasan menjadi 71% dengan 19 peserta didik tuntas, sementara pada siklus kedua presentase ketuntasan peserta didik mengalami kenaikam menjadi 83% atau 35 peserta didik yang tuntas. Penelitian ini dapat berkontribusi dalam pemecahan masalah hasil belajar peserta didik khususnya pada topik-topik IPA yang memerlukan keterampilan berpikir kritis dari peserta didik.

References

Erwanti Y, dkk. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Sekolah Penggerak pada Mata Pelajaran Matematika melalui Media Pembelajaran Berbasis Flipbook. Jurnal Basicedu 6(2), 2002-2013. From https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2328

Kenedi dan Muhsam. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Dan Extending (CORE) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas V Di SDN OEBA 3 Kupang. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 4(1), 429-436. From https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/851/540

Kasmita dkk. (2021). Pengaruh Model CORE Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V Gugus 02 Kuta Utara. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 42-50. From https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/article/view/249/258

Nurbillah dan Nuriadin. 2022. Pengaruh Model CORE Berbantu Media Digital Terhadap Hasil Belajar IPA di SDN Cijantung 06. Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandiri 8(1) 181-191. From http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/310/233

Parmiti dkk. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran CORE Berbasis SETS Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas V SD. Mimbar Pendidikan Indonesia(MPI) 1(3), 297-308. From https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/30956/17316

Susanto Agus. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Orgainizing, Reflecting, Extending (CORE) Berbantuan dengan Metode Mind Mapping dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA yang Memuat Getaran dan Gelombang pada Peserta didik Kelas VIII-A Semester 2 SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020, Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan 2(2), 186-192. From https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/390

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

K, E. A., Rulyansah, A., Setyowati, T. D., & Rahayu, P. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Core pada Materi Siklus Air di SDN 23 Gresik. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 338–342. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1048

Most read articles by the same author(s)