Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mystery Box: Solusi Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Dzahnun Amiliya Umamik Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Afib Rulyansah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Titik Dwi Setyowati UPT SDN 23 Gresik
  • Puji Rahayu UPT SDN 23 Gresik

Keywords:

Problem based learning, cognitive learning outcomes, mystery box

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas V sekolah dasar. Subjek penelitian berjumlah 42 siswa heterogen yang berasal dari kelas VA UPT SDN 23 Gresik. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian tindakan kelas yang mengarah pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Data penelitian berasal dari hasil tes pada setiap sikus dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskritif. Data yang didapatkan diolah menggunakan persentase ketuntasan klasikal. Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan mystery box dalam pembelajaran tema 8 subtema 2 meningkatkan hasil belajar kognitif siswa jika dibandingkan dengan pembelajaran yang biasa dilakukan. Hal tersebut terbukti  dari  hasil  pra  siklus  menunjukkan  presentase  ketuntasan  sebesar  45%  dengan  krieria ketuntasan berdasarkan jenis kelamin laki-laki 14% dan perempuan 31%, pada siklus I persentase ketuntasan 67% dengan krieria ketuntasan berdasarkan jenis kelamin laki-laki 26% dan perempuan 40%, pada siklus II presentase ketuntasan 81% dengan krieria ketuntasan berdasarkan jenis kelamin laki-laki 38% dan perempuan 43%. Penelitian ini berkontribusi dalam pemecahan masalah hasil belajar kognitif siswa.

References

Ariyani, Bekti, and Firosalia Kristin. 2021. “Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 5(3):353. doi: 10.23887/jipp.v5i3.36230, diakses pada 10 Mei 2023.

Asrori, and Rusman. 2020. Classroom Action Reserach Pengembangan Kompetensi Guru. Cetakan Pe. Purwokerto Selatan, Kab. Banyumas Jawa Tengah: Pena Persada.

Auliya, Denna, and Rina Marlina. 2021. “Minat Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Jenis Kelamin : Adakah Pengaruhnya?” JIPMat 6(2):179–93. doi: 10.26877/jipmat.v6i2.9035, diakses pada 10 Mei 2023.

Hamzah, A. 2021.Metode Penelitian & Pengembangan; Research & Development Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. Cetakan Pe. Jl. Sumedang, Cepokomulyo, Kepanjen, Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Handayani, R. H., and M. Muhammadi. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V SD.” E-Journal Inovasi Pembelajaran SD 8(5):78–88, diakses pada 11 Mei 2023.

Jaya, J. 2019. “Jurnal Penelitian Tolis Ilmiah.” Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian 1(2):124–29, diakses pada 11 Mei 2023.

Paradina, Desi, Connie Connie, and Rosane Medriati. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X.” Jurnal Kumparan Fisika 2(3):169–76. doi: 10.33369/jkf.2.3.169-176, diakses pada 10 Mei 2023.

Widayanti, Retna, and Khumaeroh Dwi Nur’aini. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dan Aktivitas Siswa.” Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika 2(1):12. doi: 10.33365/jm.v2i1.480, diakses pada 11 Mei 2023.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Dzahnun Amiliya Umamik, Rulyansah, A., Setyowati, T. D. ., & Rahayu, P. . (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mystery Box: Solusi Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar . PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 12–19. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1109

Most read articles by the same author(s)