Penggunaan Media Lagu untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Tri Wahyu Setyaningrum Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Afib Rulyansah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Titik Dwi Setyowati UPT SDN 23 Gresik-Kedanyang
  • Puji Rahayu UPT SDN 23 Gresik-Kedanyang

Keywords:

media lagu, motivasi belajar, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media lagu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar materi siklus air. Permasalahan untuk  latar belakang penelitian ini adalah banyaknya nilai tidak tuntas KKM siswa pada hasil belajar di kelas V-A UPT SDN 23 Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Masing- masing siklus meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi. Alat pengumpulan data berupa soal tes tulis dan lembar observasi.  Hasil penelitian menunjukkan motivasi dan hasil belajar siswa terus meningkat dari pra siklus hingga siklus 2. Pada kegiatan pra siklus, rata-rata motivasi belajar siswa adalah 74,58 dan hanya 29% siswa yang mendapatkan nilai di atas rata-rata.. Adapun hasil belajar pada pra siklus, nilai rata-rata adalah 60,95 dan siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM ada 13 siswa. Motivasi dan hasil belajar belajar siswa terus meningkat dari pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Dari kategori kurang baik menjadi sangat baik. Adapun untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dari kategori kurang baik menjadi sangat baik. Oleh karena itu, pemanfaatan media lagu dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar.

References

Ginting, M. B., Manuel, G., & Sitorus, M. (2022). Pengembangan Media Audiovisual Guru Triguntur Dalam Membangun Motivasi Belajar Mandiri Matematika Anak Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 57–69.

Ilmi, F., Respati, R., & Nugraha, A. (2021). Manfaat Lagu Anak dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 675–683.

Julyanti, R. (n.d.). Implementasi Model Pembelajaran Team Game Tournament Berbasis Lagu Kreasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pemanasan Global Di MTs Negeri Singkawang. EduChem, 4(1), 1–10.

Pertiwi, W. D. D., Roshayanti, F., Untari, M. F. A., & Mulyani, M. (2023). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Lagu Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI SD Negeri Pedurungan Kidul 01. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 597–602.

Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Lagu Anak Dalam Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 304–314.

Sulistyono, A. H. (2022). Pengunggahan Lagu Ke YouTube Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Merespon Thanking-Apologizing Kelas VIIC SMPN 1 Bawen. LANGUAGE: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(1), 49–56.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Tri Wahyu Setyaningrum, Rulyansah, A., Setyowati, T. D. ., & Rahayu, P. (2023). Penggunaan Media Lagu untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 113–118. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1116

Most read articles by the same author(s)