Analisis Pendidikan Humanis Ki Hajar Dewantara Dalam Perwujudan Profil Pelajar Pancasila
Keywords:
Ki Hajar Dewantara, Pendidikan Humanis, Profil Pelajar PancasilaAbstract
Penelitian ini didasari dar perspektif Ki Hajar Dewantara mengenai pandangan pada Pendidikan humanis dimana Pendidikan sebagai penuntun dalam memerdekakan yang memiliki karakteristik yang beragam sesuai dengan porsinya sebagai manusia. Dari pemekiran tersebut, Kementrian Pendidikan Indonesia menjadikan rujukan untuk menerapkan Pendidikan paradigma baru dalam mencipta karakter Profil Pelajar Pancasila. Artikel ini akan membahas bagaimana analisis pendidikan humanis Ki Hajar Dewantara dalam Perwujudan Profil Pelajar Pancasila.Penelitian menggunakan metode Kajian Pustaka.Hasil yang diperoleh Pada Pendidikan humanis Ki Hajar Dewantara sejalan dengan pendidikan paradigma baru yang dicanangkan oleh kementrian Pendidikan dalam menciptakan pendidikan yang memerdekakan peserta didik dan dapat mengembangkan karakter mereka sesuai norma Pancasila yang terwujud pada bentuk karakter profil pelajar Pancasila.
References
Andriyani, Ayu. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Disiplin Positif (DISPOS). Pati: Maghza Pustaka
Barudin. (2019). Menyemai Implementasi Pendidikan Humanistik Pada Abad 21 Dalam Kurikulum 2013. Jurnal El-Tarbawi Volume XII No.1, 2019. Https://Doi.Org/10.20885/Tarbawi.Vol12.Iss1.Art4
Evanirosa, dkk (2022). Metode Penelitian Perpustakaan (Library Research). Bandung: Media Sains Indonesia
Haryati, Sri. (2022). Buku dalam Bidang Pendidikan Profil Pelajar Pancasila di sekolah Dasar. Semarang: Cahya Ghani Recovery
Ikmal, Hepi. (2021). Nalar Humanisme dalam Pendidikan: Belajar dari Ki Hadjar Dewantara dan Paulo Freire. Lamongan: Nawa Litera Publishing
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementrian Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud
Mustaqim, A. (2017). Pendidikan Humanisme Ki Hajar Dewantara: (Tinjauan dari Sudut Pandang Pendidikan Islam). Tafhim Al-’Ilmi, 9(2). Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/tafhim/article/view/2985
Rahayuningsih, Fajar. (2021). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS Vol. 1 No. 3 Desember 2021, e-ISSN : 2797-8842 | p-ISSN : 2797-9431 Available online at: https://www.jurnalp4i.com/index.php/social/article/view/925/915
Wiryanto & Anggraini, G.O. (2021). Analisis Pendidikan Humanistik Ki Hajar Dewantara dalam Konsep Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15 (1), 2021, 33-45. Available online at: http://journal.uny.ac.id/index.php/jpip
Wiryopranoto, S., Herlina, N., Marihandono, D., & Tangkilisan, Y. B. 2017. Ki Hajar Dewantara: Pemikiran dan perjuangannya. Museum Kebangkitan Nasional, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Nidya Amalia Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.